Wali Kota Dukung Pengembangan Bank sampah

id kota bandarlampung, walikota, bank sampah, kompos

Sudah ada warga dari dua tempat yang menuai keuntungan dengan mengelola sampah, khususnya melaui bank sampah ini. Ke depan akan dibuat koperasi, sehingga petugas kebersihan yang mengambil sampah terbantu."
Bandarlampung, (ANTARA Lampung) - Wali Kota Bandarlampung Herman HN menyatakan mendukung pengembangan bank sampah karena memberikan berbagai keuntungan bagi pengelolanya menjadi sesuatu yang berharga, seperti dibuktikan warga pantai Bumi Waras yang telah mengolah sampah.
        
"Sudah ada warga dari dua tempat yang menuai keuntungan dengan mengelola sampah, khususnya melaui bank sampah ini. Ke depan akan dibuat koperasi, sehingga petugas kebersihan yang mengambil sampah terbantu," kata Herman HN, di Bandarlampung, Jumat.
        
Dia menegaskan bahwa bank sampah menambah keuntungan bagi warga, mengingat nantinya sampah tersebut akan dijual dengan harga tinggi setelah dikelola.
        
"Dengan bank sampah, nantinya sampah akan dikelola sehingga bisa dijual dan menjadi bisnis menguntungkan," katanya lagi.
        
Menurut Wali Kota, pengelolaan bank sampah itu merupakan hasil kajian kerentanan yang dilakukan bersama dengan Mercy Corps Indonesia di tingkat kota yang ditindaklanjuti dengan berbagai program," kata dia.
        
Salah satunya adalah pengolahan sampah itu setelah melalui studi kelayakan, lokakarya, kunjungan belajar maupun penyusunan rencana bisnis yang dirangkum dalam suatu kajian kelayakan bank sampah, ujar Herman lagi.
        
Rangkaian kegiatan ini melibatkan masyarakat yang dipilih agar dapat menjadi agen perubahan.
        
Pemkot Bandarlampung menurut dia, meyakini bahwa metode ini dapat membantu masyarakat beradaptasi dengan banjir yang kerapkali terjadi akibat sampah menumpuk.
        
"Bank sampah ini bukan hal yang baru bagi masyarakat," katanya pula.
        
Program ini adalah mengajak masyarakat untuk mengelola sampah menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan bahkan menguntungkan.
        
"Kami mendukung dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program ini, agar masyarakat dapat menjadi motor penggerak di setiap daerah," kata Wali Kota Herman HN.