Lampung luncurkan layanan Sistem Administrasi Kewarganegaraan secara Elektronik

id Lampung,Kemenkumham,Bandarlampung,Layanan daring

Lampung luncurkan layanan Sistem Administrasi Kewarganegaraan secara Elektronik

Kemenkumham Lampung luncurkan layanan kewarganegaraan secara daring. Bandarlampung, Sabtu (25/6/2022). (ANTARA/HO-Damiri)

Bandarlampung (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Lampung meluncurkan layanan Sistem Administrasi Kewarganegaraan secara Elektronik (SAKE).

"Pada SAKE terdapat beberapa layanan seperti pernyataan memilih kewarganegaraan Indonesia bagi anak berkewarganegaraan ganda, pernyataan tetap menjadi WNI,” kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Lampung, Edi Kurniadi di Bandarlampung, Sabtu.

Selain itu, menurut dia, ada juga  pelaporan kehilangan kewarganegaraan RI dengan permohonan kehilangan sendiri kepada Presiden RI, surat keterangan kehilangan kewarganegaraan RI, dan memperoleh kembali kewarganegaraan RI.

Dia mengatakan layanan kewarganegaraan tersebut sangat erat kaitannya dengan layanan keimigrasian, terutama dalam upaya pengawasan orang asing.

Keimigrasian, lanjut dia, menyangkut hal lalu lintas orang yang masuk atau keluar Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga kedaulatan negara.

“Layanan keimigrasian dilaksanakan oleh Kemenkumham melalui Direktorat Jenderal Keimigrasian. Untuk setiap daerah akan dilaksanakan oleh kantor imigrasi,” kata dia.

Edi menambahkan, selain keimigrasian, layanan kewarganegaraan juga sangat erat kaitannya dengan layanan kependudukan yang dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) baik di tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota, khususnya menyangkut identitas penduduk sebagai pemohon kewarganegaraan.

"Kita sudah sosialisasikan kepada Kantor Disdukcapil, Kantor Imigrasi, hingga Camat dan Lurah se-Bandarlampung sebagai upaya untuk menyosialisasikan layanan di bidang kewarganegaraan. Melalui program layanan kewarganegaraan ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas  dalam memberikan pelayanan publik," kata dia lagi.