Palembang makin macet, pembangunan ruas tol Beruang perlu dipercepat

id sumsel,jalan tol,jalan tol trans sumatera,jalan tol sumatera

Palembang makin macet, pembangunan ruas tol Beruang perlu dipercepat

Tol Trans Sumatera. Konstruksi pembangunan ruas tol Betung-Jambi di mulai di tahun 2022. (ANTARA/HO-HK)

Palembang (ANTARA) - Gubernur Sumsel Herman Deru mendesak  pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera yang menghubungkannya dengan sejumlah provinsi tetangga dipercepat penyelesaiannya.

Jalan Tol Palembang-Betung ini menjadi perhatian karena semua kendaraan yang hendak ke arah Betung dengan melalui Tol Palindra dan Tol Lampung ke luar di Palembang sehingga menyebabkan kemacetan di Kota Palembang.

“Hal itu ditambah lagi oleh kendaraan dari Jalintim. Oleh karena itu kami harapkan Tol Kapal Betung (Kayuagung-Palembang-Betung) ini segera rampung sehingga bisa dimanfaatkan," katanya.

Seperti, ia melanjutkan, dampak terhadap dua jalan yang sebelumnya telah ada yakni Jalintim dan Jalinteng.

"UMKM yang ada di Jalintim dan Jalinteng ini tentu harus difasilitasi sehingga bisa terus tumbuh. Termasuk juga mereka yang di luar UMKM tersebut. Keberadaan tol ini tentu harus berdampak pada peningkatan ekonomi," kata dia.

Sebab itu, Herman Deru, berharap agar pihak pengelola jalan tol juga memperbanyak interchange tol dan exit tol sehingga semua masyarakat di berbagai kawasan bisa merasakan manfaat dari tol tersebut.
 
Dipercepat

Sementara itu, Asisten Deputi Strategi dan Kebijakan Percepatan Investasi Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI Feri Akbar mengatakan, kontraktor tengah berupaya mempercepat pembangunan tol Kapal Betung.

"Sebelumnya, kita sudah menyambungkan ruas utama ekonomi di Sumsel dan Lampung. Dengan hidupnya jalur itu, tentu ekonomi di Sumbagsel akan meningkat," katanya.

Saat ini, pembangunan tol yang juga menjadi prioritas pembangunan jalan tol di wilayah Jambi dan Bengkulu.

"Untuk Jambi baru akan dibangun jalan tol. Sementara Bengkulu sebagian sudah rampung, tapi jalan tol Bengkulu belum bisa menyambung ke Sumsel. Kami berupaya agar segera terintegrasi sehingga ekonomi menjadi optimal," kata dia.