Ini dia lima destinasi wisata Kabupaten Bengkayang yang patut dikunjungi saat liburan

id Disporapar Bengkayang, bengkayang, kalbar, wisata bengkayang

Ini dia lima destinasi wisata Kabupaten Bengkayang yang patut dikunjungi saat liburan

Sepadang Hill atau juga dikenal dengan Bukit Sepancong Spot II terletak di Dusun Ketiat, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang. (ANTARA/Made Putra)

Pontianak (ANTARA) - Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat merekomendasikan lima destinasi wisata yang patut dikunjungi selama liburan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

"Lima destinasi ini menjadi obyek wisata unggulan daerah dan memang selalu ramai dikunjungi bukan hanya wisatawan lokal namun sudah dari penjuru Kalbar dan luar," ujar Kadisporapar Bengkayang, Made Putra Negara saat dihubungi di Bengkayang, Jumat.

Berikut lima destinasi wisata Bengkayang patut dikunjungi ;

1. Pantai Samudra Indah
Pantai Samudra Indah (ANTARA/Dedi)

Pantai Samudra Indah memiliki pantai dengan pasir putih sangat cocok bagi keluarga atau wisatawan yang datang dalam kelompok besar. Lokasinya yang luas dan bersih menarik untuk berbagai kegiatan outbound atau di luar.

Di beberapa tempat juga jumpai batu - batu berukuran besar memberikan nilai tambah terutama bagi yang suka berswafoto.

2. Pantai Kura - Kura Bengkayang.
Pantai ini dikelola oleh kelompok masyarakat setempat, merupakan salah satu destinasi pantai dengan pasir putih dan alam yang dibiarkan natural. Destinasi tersebut sangat cocok bagi keluarga atau muda-mudi yang ingin menambah manfaat dan keakraban, karena disediakan pondok - pondok untuk bersantai bersama keluarga atau orang terdekat sembari menikmati hidangan yang bisa dipesan di kedai yang ada.

3.Pulau Lemukutan.
Pulau Lemukutan menyimpan pesona bawah laut yang sangat indah, terumbu karangnya masih sangat terjaga, ikan - ikan kecilnya cantik berwarna warni.

Di pulau tersebut bisa menjumpai taman kima masih banyak keindahan yang bisa dieksplorasi dari perairan Pulau Lemukutan.

Di sana hanya perlu sewa perahu dan alat snorkeling dengan harga yang sangat bersahabat. Setelah menikmati keindahan alam bawah lautnya bisa menikmati BBQ, menu makan ikan segar dengan berbagai menu serba seefood. Di samping enak tentu juga sangat bergizi. Satu hal lagi yang menarik di Pulau Lemukutan ialah bisa memperoleh penginapan yang sangat terjangkau.

4. Sepadang Hill
Sepadang Hill atau juga dikenal dengan Bukit Sepancong Spot II terletak di Dusun Ketiat, Kecamatan Sungai Betung, Kabupaten Bengkayang. Dari jalan Raya perlu melakukan perjalanan dengan berjalan kaki di tengah sawah dan lingkungan yang asri. Perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 45 menit sampai satu jam.

Bukit Sepancong terletak di ketinggian 400 dari permukaan laut. Uniknya saat kita berada di puncak bukit, terutama di pagi hari bisa menikmati lautan awan putih berarak sejauh mata memandang. Keindahan bak negeri mimpi di atas awan. Sementara di sore hari juga bisa menikmati sang surya memerah membuat seluruh langit berwarna orange.

5. Riam Pangar Riam Pangar terletak di Dusun Segonde, Desa Pisak, Kecamatan Tujuh belas, Kabupaten Bengkayang. Memiliki riam dengan ketinggian sekitar 20 meter, dengan air bening dan arus deras dan liar, menjadi tempat yang sangat menarik untuk sekedar mandi, atau bermain Rafting ,menjelajah Riam menikmati kesejukan alam di sepanjang Sungai Tanggi.

"Bengkayang segera akan meluncurkan permainan tubing di Riam Jugan dan Rafting di Riam Merasap," kata dia.

Terkait liburan di masa pandemi pihaknya tetap membuka destinasi wisata namun akan tetapi dibatasi untuk wisatawan lokal, dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Tidak diperkenankan membuat acara yang menyebabkan kerumunan dan tidak diperbolehkan acara - acara pesta kembang api,"kata dia.