Dinas Pariwisata Rejang Lebong segera kembangkan Embung Suro Manggi

id Dispar Rejang Lebong ,embung suro manggi,wisata rejang lebong

Dinas Pariwisata Rejang Lebong segera kembangkan Embung Suro Manggi

Embung Suro Manggi di Desa Purwodadi, Kecamatan Bermani Ulu Raya, Kabupaten Rejang Lebong. (Foto dok.Antara)

Embung Suro Manggi ini rencananya akan dikembangkan menjadi wisata keluarga karena lebih cocok untuk kebersamaan dan kaum milinenial
Rejang Lebong (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu akan mengembangkan objek wisata embung atau danau Suro Manggi Desa Purwodadi, Kecamatan Bermani Ulu Raya menjadi tempat wisata keluarga.

Kepala Dinas Pariwisata Rejang Lebong, Upik Zumratul Aini di Rejang Lebong, Sabtu, mengatakan pengembangan kawasan wisata embung Suro Manggi tersebut akan dilakukan bekerjasama dengan instansi vertikal yakni Kementerian ATR/BPN menggunakan dana CSR.

"Pengembangannya akan dilakukan tahun ini dengan menggunakan dana CSR instansi vertikal yakni Kementerian ATR/BPN. Embung Suro Manggi ini rencananya akan dikembangkan menjadi wisata keluarga karena lebih cocok untuk kebersamaan dan kaum milinenial," kata dia.
Baca juga: Sejumlah lokasi wisata di Rejang Lebong sepi pengunjung

Embung yang memiliki luasan mencapai 1,5 hektare tersebut kata dia, sudah dikembangkan oleh pihak Desa Purwodadi dengan menggunakan dana desa (DD) terhitung sejak 2016 lalu dan kini sudah menjadi salah satu tujuan wisata selalu ramai dikunjungi warga.

"Tanahnya milik Desa Purwodadi, selama ini pengelolaannya dilakukan oleh BUMDes. Untuk itu kita akan bekerjasama dengan BUMDes yang mengelolanya sehingga bisa dikembangkan menjadi lokasi wisata favorit," ujarnya.

Pada pengelolaan lokasi wisata embung desa yang saat ini juga berfungsi sebagai penyuplai kebutuhan air bagi lahan pertanian di wilayah itu, nantinya akan melibatkan pemuda desa setempat sehingga akan membantu mengurangi angka pengangguran khususnya di Desa Purwodadi.

"Akan kita libatkan pemuda desa setempat sehingga lokasi wisata selain menjadi tempat yang menyenangkan, juga bergeliatnya perekonomian warga desa yang berjualan makanan dan minuman di sekitar tempat itu," kata dia lagi.
Baca juga: Dispar Rejang Lebong Bengkulu susun rencana induk pembangunan kepariwisataan
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar