Rejang Lebong Bengkulu jaring 50 calon peserta program umrah gratis

id Pemkab Rejang Lebong ,jaring ,calon peserta ,program umrah gratis

Rejang Lebong Bengkulu jaring 50 calon peserta program umrah gratis

Kantor Bupati Rejang Lebong di Jalan S Sukowati Curup. (ANTARA/Nur Muhamad)

Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, saat ini tengah melakukan penjaringan 50 calon peserta program umrah gratis tahun 2024 di daerah itu.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab Rejang Lebong Herwin Wijaya Kusumah di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan program umrah gratis dengan kuota 50 orang ini menelan anggaran APBD Rejang Lebong Tahun 2024 sebesar Rp1,7 miliar.

"Saat ini kita mulai melakukan penjaringan calon peserta program umrah gratis tahun 2024, peserta adalah masyarakat Rejang Lebong yang berprofesi sebagai perangkat agama, warga berprestasi," kata dia.

Dia menjelaskan tahapan program umrah gratis Pemkab Rejang Lebong untuk 50 orang tersebut berasal dari 156 desa/kelurahan di 15 kecamatan di Rejang Lebong.

Proses penjaringan calon peserta umrah gratis ini, kata dia, dilakukan secara ketat dan nantinya akan diambil berdasarkan usulan dari 15 kecamatan, karena proses penjaringan dilakukan dari tingkat kecamatan dan selanjutnya tingkat kabupaten.

"Kita sudah minta para camat untuk menyebarkan penjaringan calon peserta umrah gratis ini di wilayahnya masing-masing, termasuk juga mengumumkan persyaratan nya bagi warga yang hendak mendaftarkan diri," katanya.

Kalangan masyarakat Rejang Lebong yang berminat mengikuti program umrah gratis ini akan diambil dari perangkat atau tokoh agama, perwakilan dari profesi seperti guru, wartawan, dosen, tenaga kesehatan hingga TNI/Polri dan ASN lintas sektor seperti kejaksaan maupun pengadilan.

Sebelumnya, tahapan seleksi calon peserta program umrah gratis tahun 2024 belum bisa dilaksanakan karena masih menunggu payung hukumnya berupa Peraturan Bupati (Perbup) Rejang Lebong terkait dengan teknis pelaksanaan program itu.

Program umrah gratis Pemkab Rejang Lebong kali ini merupakan yang keempat dan menjadi salah satu program unggulan kepala daerah setempat dalam bidang keagamaan.