Banjir landa Kampung Banjarratu Lampung Tengah

id banjir lamteng, hujan deras, kali meluap

Banjir landa Kampung Banjarratu Lampung Tengah

Puluhan rumah di Kampung Banjarratu, Kecamatan Waypangubuan, Kabupaten Lampung Tengah, terendam banjir akibat hujan sejak Jumat (23/2) hingga Minggu malam (Foto: ist).

Selain merendam puluhan rumah, banjir juga menghanyutkan satu unit sepeda motor, satu ton ikan budi daya milik warga serta merendam lima hektare sawah, kata Hamidi
Waykanan  (Antaranews Lampung) - Puluhan rumah di Kampung Banjarratu, Kecamatan Waypangubuan, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung terdampak banjir akibat tingginya hujan sejak Jumat (23/2) hingga Minggu malam.

Kepala Kampung Banjarratu, Hamidi, dihubungi dari Waykanan, Senin mengatakan selain merendam puluhan rumah, banjir juga menghanyutkan satu unit sepeda motor, satu ton ikan budi daya milik warga serta merendam lima hektare sawah.

"Banjir terjadi sekitar pukul 06.00 WIB, alhamdulillah tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut. Hanya saja kerugian materi mencapai ratusan juta rupiah," katanya.

Dia menambahkan, banjir ini terjadi akibat hujan yang berkepanjangan sejak Jumat lalu sampai tadi malam, yang membuat saluran drainase tidak kuat menampung jumlah derasnya air yang mengalir.

Luapan air sungai Way Pengubuan merendam jalan raya  (Foto: ist/)


Banjir di Kampung Banjarratu Kecamatan Waypangubuan ini sering terjadi bila hujan yang berkepanjangan dan meluapnya Sungai Way Pangubuan ini juga bisa mengakibatkan banjir, lantaran kecilnya drainase yang ada.

"Banjir juga sampai masuk ke dalam rumah warga, termasuk rumah saya," tuturnya.

Demi mengantisipasi terjadi banjir susulan, dia mengajak warga untuk dapat mengungsi ke tempat yang lebih tinggi.

Selain itu, ia telah berkordinasi dengan Dinas Sosial, BPBD, dan Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Tengah untuk meminta bantuan baik makanan siap saji, pakaian, beras, selimut dan sarana air bersih yang sampai saat ini masih dibutuhkan oleh masyarakat.

"Semoga tim yang diberitahu cepat datang ke lokasi kejadian," kata Hamidi.

Hamidi mengharapkan, agar bantuan dari kabupaten cepat datang ke lokasi untuk mendirikan tenda, serta Dinas Kesehatan untuk bisa mengecek kesehatan warga yang terdampak banjir.