Lampung Tuan Rumah Olimpiade Ahmad Dahlan

id ilustrasi olimpiade ahmad dahlan

Lampung Tuan Rumah Olimpiade Ahmad Dahlan

Olimpiade Ahmad Dahlan ((OlimpicAD) Perguruan Muhammadiyah V. (ilc/dok)

...OlympicAD V 2017 bertema `Berkemajuan, sinergi, dan berprestasi` itu diikuti ribuan peserta yang terdiri dari siswa, guru, dan pimpinan perguruan Muhammadiyah se-Indonesia, kata Daryanto...
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Provinsi Lampung menjadi tuan rumah Olimpiade/Olympic Ahmad Dahlan yang diikuti ribuan peserta dari berbagai daerah di Tanah Air di Bandarlampung, 26-29 Oktober 2017

"OlympicAD V 2017 bertema `Berkemajuan, sinergi, dan berprestasi` itu diikuti ribuan peserta yang terdiri dari siswa, guru, dan pimpinan perguruan Muhammadiyah se-Indonesia," kata Inspektur Jenderal Kemendikbud Daryanto di Bandarlampung, Kamis.

Menurutnya, perhelatan OlympicAD ini memperlombakan berbagai bidang akademik dan nonakademik yang merupakan ciri khas Muhammadiyah.

Hal tersebut, lanjutnya, bagian Gerakan Muhammadiyah membangun bangsa.

Selain mempertandingkan ilmu bidang keagamaan, OlimpicAD menjadi ajang memfasilitasi prestasi dan mengukur kemampuan siswa Muhammadiyah se-Indonesia di bidang sains, teknologi, dan bidang keilmuan.

Ajang ini mempertandingkan 21 cabang perlombaan, di antaranya, matematika, IPA, fisika dan biologi, robotika, lomba Bahasa Inggris dan Arab, tilawah, musabaqoh, dan hafiz Quran. Selain itu, pembuatan film indie, karya tulis, dan penelitian tindakan kelas para guru, hingga olahraga beladiri Tapak Suci.

Sebelumnya guru hanya pendamping, namun di Lampung digelar olimpiade robotika yang melibatkan guru sebagai peserta.

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Sutono mengatakan kegiatan ini meningkatkan kompetensi siswa di bidang pendidikan.

Pihaknya mengajak seluruh peserta berbagai pengalaman dan ilmu dengan peserta lain.

"Saya yakin banyak pengalaman dan ilmu yang bisa dibagikan untuk kemajuan bersama, terutama Lampung," katanya.

(ANTARA)