Pendukung Hadiri Debat Kandidat Pilkada Lampung Barat

id debat kandidat lambar, parosil mabsus

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Barat menggelar debat kandidat pasangan calon bupati-wakil bupati Kabupaten Lampung Barat di kompleks perkantoran Pemkab Lampung Barat, Rabu (28/12) (FOTO: ANTARA Lampung/kpud-lampungbaratkab.go.id)

Liwa, Lampung Barat  (ANTARA Lampung) - Pendukung dua pasangan calon bupati-wakil bupati Kabupaten Lampung Barat menghadiri debat kandidat yang berlangsung di Liwa, Rabu.

Pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati Lampung Barat Parosil Mabsus-Mad Hasnurin dan Edy Irawan Arief dan H Ulul Azmi Soltiansa ikut hadir memberi dukungan mendominasi acara debat kandidat yang diadakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lampung Barat.

Ribuan massa tumpah ruah memadati lokasi debat di Gedung Serba Guna Pemerintah Kabupaten Lampung Barat yang berada di kompleks perkantoran Kelurahan Way Mengaku, Kecamatan Balik Bukit, di Liwa.

Masing-masing calon menyampaikan visi dan misi serta program unggulan untuk memajukan Lampung Barat 2017-2022.

Korlap tim pemenangan Parosil- Mad Hasnurin Abdul Rosyid mengatakan bahwa kehadiran ribuan massa yang mengiringi Parosil-Mad Hasnurin itu merupakan perwakilan tim pemenangan dan tim pendukung pasangan ini.

"Kami sudah batasi pendukung yang akan hadir pada debat kandidat ini. Namun inilah bukti bahwa pendukung Parosil-Mad Hasnurin punya semangat yang luar biasa dalam berjuang untuk kemenangan pasangan ini. Seandainya kita tidak batasi maka arena GSG ini akan dipadati oleh puluhan ribu relawan tim pendukung dan tim pemenangan kami," ujar Rosyid.

Masing-masing pendukung tim pasangan calon menggaungkan yel-yel dukungan mereka kepada pasangan yang diunggulkan mereka.

Pilkada Lampung Barat 2017 diikuti dua pasangan calon, yaitu nomor urut 1 H Parosil Mabsus SPd dan Drs H Mad Hasnurin yang diusung oleh PDI Perjuangan (13 kursi), PAN (2 kursi), dan Partai Golkar (3 kursi), sehingga total didukung 18 kursi (51,43 persen jumlah kursi anggota DPRD).

Kemudian, pasangan calon nomor urut 2 yaitu Dr H Edy Irawan Arief SE MEc dan H Ulul Azmi Soltiansa SH diusung oleh Partai NasDem (2 kursi), PKS (2 kursi), PPP (2 kursi), Gerindra (2 kursi), PKB (3 kursi), dan Partai Demokrat (4 kursi), sehingga total dukungan 15 kursi (42,86 persen jumlah kursi DPRD).

Berkaitan pencalonannya sebagai Bupati Lampung Barat, Edi Irawan Arief mengaku keinginannya maju itu untuk merealisasikan pesan ayah kandungnya tokoh NU Lampung KH Arief Makhya yang meminta agar salah satu putranya dapat memimpin daerah yang menjadi tanah kelahirannya.

"Saya maju ini inspirasi dari beliau, itulah yang memotivasi saya kenapa menyatakan siap maju di Lampung Barat," kata Edi yang juga Direktur Pascasarjana Universitas Saburai Bandarlampung.

Edi menegaskan, Lampung Barat saat ini membutuhkan nuansa baru kepemimpinan. Menurutnya, Bupati saat ini Mukhlis Basri sudah cukup 15 tahun berkuasa mulai dari satu periode menjabat wakil bupati dan dua periode bupati, sehingga saatnya warga Lampung Barat menentukan pilihan kepada dirinya yang berpasangan dengan calon wakil bupati Ulul Azmi Sotiansa itu.

Pilkada serentak 2017 di Provinsi Lampung berlangsung pada lima daerah. Selain digelar di Kabupaten Lampung Barat, juga dilaksanakan pada empat kabupaten lainnya, yaitu Pringsewu, Tulangbawang, Tulangbawang Barat, dan Mesuji.(Ant)
Pewarta :
Editor: Samino Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar