KPU Bandarlampung: Ada enam tema pada debat kandidat

id Lampung ,Bandarlampung ,KPU Bandarlampung

KPU Bandarlampung: Ada enam tema pada debat kandidat

Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triyadi. ANTARA/Dian Hadiyatna

Nanti enam tema ini yang akan dirumuskan oleh tim pakar menjadi sebuah pertanyaan

Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandarlampung menyebutkan terdapat enam tema pada kegiatan debat yang akan dilakukan oleh kedua pasangan calon (paslon) Wai Kota dan Wakil Kota Bandarlampung pada Pilkada serentak 2024.

"Nanti enam tema ini yang akan dirumuskan oleh tim pakar menjadi sebuah pertanyaan dalam debat kandidat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung," kata Ketua KPU Bandarlampung Dedy Triyadi, di Bandarlampung, Selasa.

Dia mengatakan enam tema debat tersebut, yakni menyejahterakan masyarakat, memajukan daerah, meningkatkan pelayanan masyarakat, menyelesaikan persoalan daerah, menyelaraskan pelaksanaan program pembangunan pemerintah kabupaten dan kota, provinsi dengan nasional.

"Kemudian, tema memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Kebangsaan," kata dia.

Dedy mengatakan nantinya enam tema tersebut dibagi dua kali debat pada Oktober dan November 2024, dan nantinya masyarakat bisa menilai paslon yang cocok memimpin Kota Bandarlampung.

"Untuk merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan tema debat itu, kami akan menggandeng sejumlah akademisi di Lampung," kata dia.

Dia menjelaskan dalam debat nanti, selain ada sesi pertanyaan dari tim pakar, paslon Wali Kota Bandarlampung-Wakil Wali Kota Bandarlampung juga diberikan kesempatan melontarkan pertanyaan satu sama lain.

"Jadi nanti ada juga sesi, di mana dua kandidat saling bertukar pertanyaan untuk memperdalam jawaban satu sama lain," kata dia.

Pilkada Bandarlampung 2024 diikuti oleh dua paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandarlampung, yakni nomor urut satu pasangan Reihana-Aryodhia Febriansyah dan nomor urut dua pasangan Eva Dwiana-Deddy Amarullah.

Baca juga: KPU Bandarlampung agendakan dua kali debat paslon pilkada 2024

Baca juga: KPU Bandarlampung: Sebagian logistik pilkada sudah diterima


Baca juga: KPU Bandarlampung: Kampanye paslon kepala daerah berlangsung 60 hari