Survei: 28 persen Gen Z cari informasi kandidat Pilpres di medsos

id Gen Z,Pilpres,Kandidat pilpres,Pilpres 2024,medsos,Pemilu 2024

Survei: 28 persen Gen Z cari informasi kandidat Pilpres di medsos

Hasil survei Populix terkait kecenderungan pemilih muda dalam mencari informasi tentang kandidat Pilpres 2024. (ANTARA/HO-Populix)

Jakarta (ANTARA) - Populix, lembaga riset dan penyedia data, meluncurkan studi bertema "Ekspektasi Pemilih Muda pada Pemilihan Presiden 2024", dan menyimpulkan bahwa 28 persen Generasi Z (Gen Z) mencari informasi tentang kandidat Pilpres 2024 di media sosial (medsos).

"Platform media sosial merupakan sumber informasi utama bagi sebagian besar masyarakat. Ranah online ini tidak hanya memfasilitasi diskusi yang dinamis, tetapi juga wadah untuk bertukar wawasan politik, di mana masyarakat secara aktif berinteraksi untuk mencari informasi dan menilai karakter para kandidat," kata Head of Social Research Populix Vivi Zabkie di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan hasil survei Populix, gen Z memang paling banyak mengakses media sosial untuk mencari informasi tentang kandidat, tetapi milenial (8 persen) paling banyak mendominasi di forum diskusi online, dan sebanyak 4 persen milenial juga mendominasi di situs kampanye kandidat.

Selain itu, sumber informasi kandidat juga didapatkan dari publikasi media massa (16 persen), diskusi panel atau debat (13 persen), survei opini publik (9 persen), percakapan dengan teman atau keluarga (8 persen), baliho atau poster di jalan (6 persen), papan iklan atau billboard (4 persen), serta buku dan artikel seputar politik (3 persen).

Adapun sebanyak 24 persen gen Z mengaku bahwa kampanye politik dalam Pilpres 2024 dapat mengubah keputusan pilihan mereka terhadap kandidat tertentu.

Sedangkan sebanyak 70 persen responden mengaku bahwa kampanye politik dalam Pilpres 2024 memiliki dampak positif karena mampu membantu mencari lebih banyak informasi tentang kandidat.

Namun, 64 persen responden mengaku mendapatkan dampak negatif dari adanya kampanye politik dalam Pilpres 2024 karena membuat mereka ragu dengan banyaknya janji yang diberikan.