Kata KPU Lampung, Paling Rasional Pilgub Setelah Pilpres

id Kata KPU Lampung, Paling Rasional Pilgub Setelah Pilpres

Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Pelaksanaan pemilihan gubernur Lampung hingga saat ini belum dipastikan kapan akan terlaksana, kendati Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung telah menjadwalkannya.

KPU Lampung menyatakan keputusan paling rasional untuk melaksanakan pemilihan gubernur daerah ini adalah setelah pemilihan presiden atau akhir tahun 2014.

"Bulan depan kami akan konsultasi ke KPU Pusat mengenai jadwal yang paling valid," kata Komisioner KPU Lampung Edwin Hanibal, di Bandarlampung, Rabu (13/11).

Dia menjelaskan, berkaitan wacana pilgub Lampung diundur hingga Januari 2014, dari jadwal semula 2 Desember 2013, hal itu dapat direalisasikan, namun harus tersedia dana yang diperlukan untuk melakukan uji kesehatan dan kejiwaan pasangan calon pada Desember 2013 ini.

Sedangkan untuk wacana pilgub dilaksanakan bersamaan dengan Pemilu Legislatif 2014, Edwin berpendapat mustahil untuk dilaksanakan, karena secara teknis akan membutuhkan dana besar mengingat KPU harus menambah satu kotak suara di luar empat kotak suara yang digunakan untuk pemilu legislatif itu.

"Dana yang diperlukan akan jauh lebih besar, karena harus menyiapkan 16 ribuan kotak suara baru," ujarnya.

Jadwal pilgub Lampung masih belum pasti dan menjadi perdebatan serta tarik menarik kepentingan para pihak, karena KPU dan Pemprov Lampung memiliki perbedaan sikap.

Versi KPU Lampung, pilkada itu harus dilaksanakan pada Desember 2013, sedangkan Pemprov Lampung menyatakan hal itu mustahil berlangsung karena ketiadaaan dana yang baru akan dianggarkan pada 2014.

Kemungkinan pilgub Lampung tidak jadi diadakan pada Desember 2013 makin terang, menyusul salah satu tahapan yaitu pemeriksaan kesehatan dan kejiwaaan pasangan kandidat yang seharusnya dilaksanakan pekan lalu di rumah sakit terkait tidak jadi terlaksana karena ketiadaan dana.

Namun sebelumnya, Ketua KPU Lampung Nanang Trenggono berkaitan wacana pelaksanaan pilgub Lampung akan dimundurkan pada 2015 justru sempat meminta wartawan tidak mengembangkan pemberitaan tentang wacana tersebut, mengingat KPU Lampung masih tetap berpatokan pada jadwal tahapan dan proses yang sedang berjalan saat ini.

Saat ini, KPU Lampung telah mengubah jadwal pemungutan suara pilgub Lampung dari semula pada 2 Oktober menjadi 2 Desember 2013.

Tapi diperkirakan, bila ketersediaan dana yang menjadi kendalanya belum juga teratasi dalam waktu dekat, pelaksanaan pilgub Lampung itu tidak akan jadi terlaksana pada tahun 2013 ini.

Nanang Trenggono menyatakan, pihaknya masih akan membahas dan merapatkan kembali tentang penetapan jadwal pilgub Lampung itu, tetap berlangsung 2013, dimundurkan pada 2014 atau hingga 2015 mendatang.

"Kami segera membahas dan memplenokannya," ujar Nanang pula.