PT JJAA beri vaksinasi gratis ke ternak warga di Lampung Selatan

id Lampung Selatan ,PT Juang jaya abdi alam ,Vaksin sapi warga

PT JJAA beri vaksinasi gratis ke ternak warga di Lampung Selatan

Tim Kesehatan Hewan PT Juang Jaya Abdi Alam saat memberikan vaksinasi hewan ternak warga di Lampung Selatan. ANTARA/Riadi Gunawan

Lampung Selatan (ANTARA) - Perusahaan peternakan sapi potong PT Juang Jaya Abdi Alam (JJAA) memberikan vaksinasi gratis kepada sejumlah hewan ternak sapi milik warga di Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung Selatan.

Dokter kesehatan hewan PT JJAA Ninik Rahayu, di Lampung Selatan, Kamis mengatakan vaksinasi yang disalurkan oleh pihak PT tersebut bertujuan untuk mencegah hewan ternak warga terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK) dan Lumpy Skin Disease (LSD).

"Ini merupakan salah satu program CSR dari PT JJAA, kami memfasilitasi untuk memvaksinasi hewan ternak khususnya kebanyakan sapi, dan kami juga memfasilitasi untuk vaksinasi hewan lainnya seperti kambing dan domba," kata dia.

Menurutnya, sampai saat ini belum ada obat untuk penyakit LSD dan PMK, oleh sebab itu perlu dilakukan pencegahan agar hewan ternak tidak terjangkit penyakit tersebut.

"Untuk programnya itu, ada vaksinasi LSD PMK, dampak dari vaksin ini bisa dikatakan risikonya sangat kecil atau bahkan bisa dibilang tidak ada karena ini program yang kita kasih untuk sapi yang sehat," katanya.

Ia mengatakan, vaksinasi itu merupakan upaya perusahaan dan para peternak lokal untuk mencegah penularan virus LSD atau PMK.

"Secara serentak PT JJAA memberikan vaksinasi terhadap ratusan hewan ternak secara gratis di lima desa di Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan. Program ini sebagai bentuk penyaluran CSR bagi masyarakat sekitar," ujarnya.

Ia menjelaskan, desa-desa yang mendapatkan vaksinasi gratis itu antara lain Desa Suak, Banjar, Budidaya, Kota Dalam dan desa Siring Jaha.

Salah satu peternak Ahmad Sukani, mengucapkan terima kasih kepada pihak perusahaan, atas bantuan tersebut karena dengan vaksinasi ratusan ternak warga menjadi kebal terhadap paparan penyakit LSD dan PMK.