Lampung Selatan sediakan 2.533 lowongan kerja

id Lampung Selatan ,Job fair ,Lowongan pekerjaan,bursa kerja Lamsel,tekan angka pengangguran

Lampung Selatan sediakan 2.533 lowongan kerja

Suasana saat sejumlah pencari kerja melakukan pengajuan berkas di perusahaan yang dilamar pada job fair atau bursa kerja di Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Rabu (21/8/2024). ANTARA/Riadi Gunawan.

Lampung Selatan (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) menyediakan 2.533 lowongan pekerjaan di bursa kerja (job fair) tahun 2024, yang digelar di GOR Way Handak, Kecamatan Kalianda, guna menekan angka pengangguran.

"Dengan hadirnya 45 perusahaan dan 2.533 lowongan kerja dari berbagai sektor usaha serta jenis jabatan di perusahaan dalam job fair ini, dapat menjadi jawaban atas persoalan ketenagakerjaan, setidaknya berhasil mengurangi pengangguran di Kabupaten Lampung Selatan," kata Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto, di Kalianda, Rabu.

Menurutnya, dengan memberikan ruang fasilitas bertemunya antara pencari kerja dengan tenaga kerja, tentu di sana ada kompetensi yang didalami sehingga memiliki pekerjaan yang lebih jelas dan terukur.

"Pemerintah daerah dengan berbagai perusahaan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan, tahun 2024 ini kembali membuka bursa kerja untuk memberikan kesempatan ataupun peluang kerja bagi masyarakat luas," kata dia.

Ia menjelaskan jika merujuk pada data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Selatan tahun 2024, tingkat pengangguran terbuka di wilayah tersebut mencapai 26.926 orang atau atau 4,95 persen dari total angkatan kerja sebanyak 543.691 orang.

"Kesempatan kerja itu menjadi semakin penting dan mendesak untuk segera kita sikapi, karena pertumbuhan angkatan kerja yang lebih cepat dari pada pertumbuhan kesempatan kerja yang tersedia, artinya masih banyak terdapat pengangguran terbuka yang tersebar di Kabupaten Lampung Selatan," katanya.

Oleh karena itu, dirinya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, terutama kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Lampung Selatan, para pengusaha dan perusahaan penyedia pekerjaan yang telah bersinergi membuka lowongan pekerjaan bagi angkatan kerja.