Damkarmat lakukan fogging untuk antisipasi DBD di Lampung Selatan

id Lampung Selatan ,Damkarmat melakukan fogging ,Antisipasi DBD

Damkarmat lakukan fogging untuk antisipasi DBD di Lampung Selatan

Petugas Damkarmat Lampung Selatan saat melakukan fogging di Kecamatan Kalianda. ANTARA/HO-Damkarmat Lamsel

Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkarmat) Kabupaten Lampung Selatan melakukan fogging atau pengasapan di Kecamatan Kalianda, guna mengantisipasi penyebaran nyamuk penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah tersebut.

"Lokasi fogging di perumahan Korpri, Kecamatan Kalianda, ada warga yang positif DBD, jadi langsung kita fogging," kata Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di Kalianda, Minggu.

Ia mengatakan, kegiatan fogging tersebut difokuskan di tempat rawan penyebaran nyamuk pembawa DBD.

"Tim Damkarmat menerjunkan sebanyak tujuh personel bersama perangkat kelurahan dan Satpol PP bergerak ke setiap rumah-rumah warga untuk melakukan fogging untuk pencegahan nyamuk DBD," kata dia.

Ia menjelaskan, selain menggencarkan fogging, pihaknya juga terus mengedukasi masyarakat terkait Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di lingkungan tempat tinggal.

Selain itu, fogging ini dilakukan untuk mengatasi peningkatan jumlah kasus DBD, dan sifatnya hanya membunuh nyamuk dewasa sehingga yang lebih penting menjaga lingkungan agar bebas sarang nyamuk.

Menurutnya, pihaknya berkomitmen akan terus melakukan fogging di tempat-tempat rawan nyamuk pembawa DBD.

"Tim kami akan bergerak cepat dimana ada yang positif terkena DBD kami akan datangi dan melakukan pengasapan, serta kami juga akan  melakukan fogging jika ada permintaan dari desa," ujarnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Lampung Selatan, Jamaluddin mencatat dari Januari hingga April 2024 terdapat sebanyak 80 kasus DBD di Lampung Selatan jumlah itu ada peningkatan dimana pada bulan yakni bulan Maret hanya 28 kasus.


"Dari Januari sampai dengan April 2024 ada 80 kasus, sedangkan pada Januari hingga Maret kemarin terdapat 28 kasus jadi ada peningkatan 52 kasus dalam waktu satu bulan," kata Jamaluddin.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Damkarmat lakukan fogging antisipasi DBD di Lampung Selatan