Basarnas Lampung siapkan tim khusus jaga keselamatan atlet WSL Krui Pro

id WSL Krui Pro, Krui Pro 2024, basarnas lampung

Basarnas Lampung siapkan tim khusus jaga keselamatan atlet WSL Krui Pro

Kepala Kantor Basarnas Provinsi Lampung Deden Ridwansah memberi keterangan terkait dengan pengawasan atlet di Krui Pro 2024. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Pesisir Barat (ANTARA) - Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung menyiapkan tim khusus guna menjaga keselamatan atlet selancar pada kejuaraan selancar internasional, World Surfing League (WSL) Krui Pro 2024.
 
"Dalam pelaksanaan ajang kejuaraan selancar internasional yang dilakukan di Krui, Kabupaten Pesisir Barat ini, semua pihak ikut serta dalam menyukseskan kegiatan ini, salah satunya dari segi menjaga keselamatan para atlet dari 20 negara," ujar Kepala Kantor Basarnas Provinsi Lampung Deden Ridwansah di Pesisir Barat, Kamis.
 
Dalam upaya menjaga keselamatan para atlet selancar selama ajang tersebut, 28 Mei-4 Juni 2024, Basarnas Lampung menurunkan tim khusus yang bertugas di lokasi perlombaan.
 
"Kami mengerahkan 15 orang personel Basarnas yang tentunya sudah terlatih dalam melakukan operasi keselamatan dan respons cepat bila ada kejadian yang tidak diinginkan menimpa atlet selancar, sebab selama perlombaan ini Krui jadi representatif Indonesia di mata dunia dengan kedatangan 265 atlet dari berbagai negara," katanya.
 
Dia menjelaskan mekanisme aksi respons cepat dalam menjaga atlet selancar tersebut, dengan menurunkan dua petugas dilengkapi dua jet ski di tengah laut. Mereka mengawasi peselancar secara langsung saat berlomba.
 
"Jadi petugas ini di tengah laut kalau ada peselancar yang terkena insiden saat di tengah laut mereka akan siap membantu menggunakan jet ski, lalu 13 orang petugas lainnya akan tetap berjaga di pinggir pantai dengan berbagai peralatan SAR yang tersedia," ucap dia.
 
Dia menjelaskan pengamanan dan aksi tanggap tersebut dilakukan dengan melibatkan berbagai instansi terkait.
 
"Kami bekerja sama dengan berbagai pihak dalam upaya pengawasan ini, termasuk dengan asosiasi selancar PSOI (Persatuan Selancar Ombak Indonesia). Harapannya semua bisa berjalan dengan lancar hingga akhir pertandingan nanti," ujarnya.
 
Pihaknya juga terus melakukan penanganan kedaruratan bencana di daerah lainnya di Lampung.
 
"Tugas untuk menangani kedaruratan masih tetap dilakukan, salah satunya di Kabupaten Tanggamus yang masih terkena longsor saat ini masih dalam upaya pencarian terus untuk korban hilang," ujar dia.
 
Ajang WSL Krui Pro 2024 dilakukan di dua lokasi, yakni Pantai Tanjung Setia sebagai area perlombaan kelas senior dan Pantai Labuhan Jukung sebagai area perlombaan kelas junior.

Kejuaraan selancar dengan level ombak tertinggi QS 5.000 tersebut diikuti 265 atlet berasal dari 20 negara.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Basarnas Lampung siapkan tim khusus jaga keselamatan atlet di Krui Pro