Keunikan geologi Pasaman jadi sumber pengetahuan

id Lampung,Itera,Geopark.,Pasaman-Itera

Keunikan geologi Pasaman jadi sumber pengetahuan

Penandatangan kerja sama antara Itera dan Pemkab Pasaman, Sumatera Barat dalam upaya mengembangkan wisata geopark. (ANTARA/HO-Humas Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) Provinsi Lampung menyebut keunikan geologi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman, Sumatera Barat menjadi sumber pengetahuan bagi para mahasiswa dan dosen.

"Keunikan geologi Pasaman ini dapat menjadi sumber pengetahuan di sektor geologi sebagai bahan penelitian yang berguna bagi para dosen dan mahasiswa," kata Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Selasa.

Menurutnya, Itera sebagaimana visi dan misinya yakni berkontribusi pada pemberdayaan potensi yang ada di wilayah Sumatera khususnya, Indonesia serta dunia melalui keunggulan dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan ilmu kemanusiaan.

Oleh karena itu, Itera siap menjalin kerja sama dan mengembangkan keunikan geologi Pemkab Pasaman.

"Tidak hanya itu, Itera juga terus menekankan agar mahasiswa turut menjadi agen perubahan dalam upaya meningkatkan pembangunan di Sumatera," kata Rektor.

Sementara Dekan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Itera Hadi Teguh Yudistira, S.T., Ph.D., menyambut baik kerja sama antara Itera dan Pemerintah Kabupaten Pasaman.

"Kam berharap kolaborasi ini dapat memotivasi program studi lain di Itera untuk ikut serta dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai bidang keilmuan di Kabupaten Pasaman," katanya.

Bupati Pasaman,Sabar AS menjelaskan bahwa potensi dan keunikan wilayahnya yang terletak di lintasan khatulistiwa dan patahan Sumatera, sehingga menawarkan banyak fenomena alam menarik untuk dipelajari dan diteliti.

"Visi dan misi kami adalah mengembangkan sumber daya manusia (SDM) dalam mengelola sumber daya alam (SDA), salah satu upaya nyata adalah pengembangan wisata geopark yang saat ini sedang dalam proses penetapan sebagai warisan geologi oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)," kata dja.

Dia pun berharap dengan pengembangan geopark ini, dapat melestarikan warisan geologi, keanekaragaman hayati, dan keanekaragaman budaya yang dimiliki oleh Kabupaten Pasaman.

"Tentu momen ini harus dimanfaatkan secara optimal agar semua pihak dapat berkontribusi dalam menjadikan Pasaman sebagai destinasi geopark yang diakui secara nasional bahkan internasional. Untuk itu, keterlibatan Itera dengan berbagai bidang keilmuan yang dimiliki dinilai sangat penting," kata dia.