22.246 anggota KPPS Lampung Timur dilantik serentak

id KPPS Labuhan Maringgai, KPU Lampung Timur, PPK Labuhan Maringgai, KPPS, Pelantikan KPPS Lampung Timur

22.246 anggota KPPS Lampung Timur dilantik serentak

Komisioner KPU Kabupaten Lampung Timur Wanahari membacakan sambutan Ketua KPU RI pada pelantikan anggota KPPS se Kecamatan Labuhan Maringgai di Desa Labuhan Maringgai yang dilakasanakan serentak, Kamis, 25 Januari 2024. FOTO ANTARA/HO-Hardian PPS Sukorahyu.

Labuhan Maringgai (ANTARA) - Sebanyak 22.246 anggota  Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) se-Kabupaten Lampung Timur dilantik pada Kamis. 

Di Kecamatan Labuhan Maringgai, sebanyak 1.470 anggota KPPS dari 11 desa dilantik serentak di lapangan Desa Labuhan Maringgai.

Acara dihadiri Komisioner KPU Kabupaten Lampung Timur Wanahari,  5 komisioner PPK Labuhan Maringgai, 33 anggota PPS se Kecamatan Labuhan Maringgai, sekretariat PPS, Sekcam Labuhan Maringgai, Panwascam Labuhan Maringgai, Kapolsek Labuhan Maringgai, Danramil Labuhan Maringgai, tokoh agama, tokoh masyarakat.

Setelah dilakukan pelantikan dilaksanakan penanaman pohon bersama.

"KPPS sangat penting perannya sebagai penyelenggara pemilu, sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum. Salah satu tugas KPPS adalah melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS)," ujar Komisioner KPU Kabupaten Lampung Timur Wanahari membacakan sambutan Ketua KPU RI.

Dia melanjutkan, pada Kamis (25/1) dilakukan pelantikan KPPS sebanyak 5.741.127 orang di seluruh Indonesia untuk 820.161 TPS. Lokasi pelantikan KPPS tersebar pada 71.000 titik. 

"Pelantikan pada hari ini juga ditandai dengan penanaman 5.709.898 bibit pohon secara serentak di lokasi pelantikan. KPU menyadari dengan tercetak banyaknya logistik Pemilu berbahan 
baku kertas, memberikan dampak signifikan terhadap kelestarian alam. KPU memandang pentingnya penanaman bibit pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap kelestarian lingkungan," ujarnya lagi.

Total kebutuhan kertas dengan berbagai jenis untuk logistik Pemilu 2024 sekitar 65.998 ton atau setara dengan 65.998.000 kilogram kertas. Kebutuhan tersebut dapat diganti dengan menanam 5.709.898 bibit pohon. Maka diharapkan setiap bibit pohon akan mengganti 11,6 kilogram kertas. Berdasarkan hal tersebut, maka apabila dihitung jumlah bibit pohon 5.709.898 dikalikan 11,6 kg adalah sama dengan 66.234.816 kg atau 66.234 ton. 

Jumlah tersebut hampir setara atau sebanding dengan kertas yang digunakan dalam Pemilu 2024. 

"Hal ini sebagai simbol rasa syukur kepada Allah Tuhan  Yang Maha Kuasa, rasa terima kasih kepada bumi, dan ikhtiar reboisasi terhadap pohon yang berkontribusi untuk pemenuhan logistik berupa kertas dalam Pemilu 2024," terangnya.

KPU berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih pada kegiatan pemungutan suara dan penghitungan suara. Hal ini ditunjukkan dengan memberikan bimbingan teknis kepada semua 7 orang Anggota KPPS, yang berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya yang hanya memberikan bimbingan teknis hanya kepada 1 orang anggota KPPS. 

"Kami berharap agar Anggota KPPS dalam bekerja berpedoman kepada ketentuan perundang-undangan, kode etik penyelenggara pemilu, bekerja secara profesional, berintegritas, bertanggung 
jawab dan transparan. Demikian juga Anggota KPPS agar bekerja dengan niat kuat untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pemilih untuk dapat menggunakan hak pilihnya pada kegiatan 
pemungutan suara dan penghitungan suara di TPS," ujar Komisioner KPU Lampung Timur Wanahari menutup pembacaan sambutan Ketua KPU RI.