Rekrutmen anggota KPPS KPU Metro masuk tahap akhir

id Kpps

Rekrutmen anggota KPPS KPU Metro masuk tahap akhir

Komisioner KPU Metro, Yunita Dewi Nurbaya saat diwawancarai di ruang kerjanya, Kamis (4/1). (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Setelah pelantikan anggota KPPS ini diberikan bimbingan teknis atau pembinaan terkait dengan tugas mereka saat bertugas di Pemilu 2024 nanti, tandasnya
Metro (ANTARA) - Rekrutmen anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Metro akan memasuki tahap akhir.

Dari 3.584 pemdaftar terpilih 3.253 calon anggota KPPS yang akan lanjut ke tahap terakhir.

"Iya sudah pengumuman di tanggal 29 dan 30 Desember lalu. Jadi dari 3.584 yang mendaftar, terpilih 3.253 calon anggota KPPS. Itu belum final ya, nanti ada tes terakhir dan masih akan ada yang gugur," kata Komisioner KPU Metro, Yunita Dewi Nurbaya saat dikonfirmasi, Kamis.

Ia menjelaskan, dari 3.253 calon anggota KPPS terpilih tersebut harus mengisi administrasi data diri secara mandiri di aplikasi sistem informasi anggota KPU dan Badan Ad Hoc (Siakba) KPU.

Kemudian, calon anggota KPPS terpilih tersebut akan lanjut ke tes terakhir yaitu skrining riwayat kesehatan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan.

"Selanjutnya pada 24 Januari akan ditetapkan 3.234 calon anggota KPPS untuk nantinya dilantik sehari setelah penetapan yakni pada 25 Januari," jelasnya.

Yunita menambahkan, nantinya 3.234 anggota KPPS yang sudah dilantik akan bertugas di 462 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di seluruh Kota Metro. Nantinya, masing-masing TPS akan ditempatkan tujuh anggota KPPS.

"Setelah pelantikan anggota KPPS ini diberikan bimbingan teknis atau pembinaan terkait dengan tugas mereka saat bertugas di Pemilu 2024 nanti," tandasnya.