Uskup Agung lakukan kunjungan Pastoral ke lingkungan TNI-Polri di Lampung

id keuskupan, uskup agung,kardinal,keuskupan tanjungkarang

Uskup Agung lakukan kunjungan Pastoral ke lingkungan TNI-Polri di Lampung

Uskup Agung lakukan kunjungan Pastoral ke lingkungan TNI-Polri di Lampung. ANTARA/HO

juga mengenalkan keberadaan keuskupan di lingkungan TNI dan Polri. 
Bandarlampung (ANTARA) - Uskup Agung Jakarta Kardinal Prof Dr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo melakukan kunjungan Pastoral ke lingkungan TNI-Polri Keuskupan Sufragan Tanjungkarang, di Provinsi Lampung. 

Kedatangan Kardinal dan rombongan dari Palembang, Sumatera Selatan ini, disambut Uskup Tanjungkarang Mgr Vinsensius Setiawan Triatmojo dan panitia di Susteran CB Rumah Retret Matow Way Hurik, Tanjung Senang, Rabu (11/10). 

Kardinal Prof Dr Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo Pr disertai Uskup Agung Palembang Mgr Yohanes Harun Yuwono, Romo Kolonel Sus Yoseph Bintoro (Wakil Uskup untuk Umat Katolik di lingkungan TNI-Polri), Irjen Pol (Purn) Heribertus Dahana, Brigjen TNI (Purn) Yohanes Wahyu Agung Setyo Widodo, Mayor Cpl Agung (Disbintalad), Kombes Pol Ucok Lasdin Silalahi, Kapten Laut (KH) Romaldus Narahamin, dan Lettu Paulus Nasib Suroto. 

Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan (HAK) dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang Romo Philipus Suroyo Pr menyambut kedatangan serta mengucapkan selamat datang kepada Kardinal dan rombongan.
  
“Agenda kunjungan Kardinal di Keuskupan Tanjungkarang ini untuk melakukan beberapa kegiatan, yakni audiensi dengan Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika dan Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin,” kata Romo Roy, panggilan akrab Philipus Suroyo Pr, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Kamis.

Selain bersilaturahmi ke Kapolda Lampung maupun Danrem, kata Romo Roy, mereka juga mengenalkan keberadaan keuskupan di lingkungan TNI dan Polri. 

“Disampaikan juga bahwa Bapak Kardinal sebagai Uskup di lingkungan TNI dan Polri ingin menyapa secara khusus personel di lingkungan TNI dan Polri, juga termasuk ASN secara lebih dekat dalam Ekaristi Kudus dan sambung rasa,” kata Romo Roy. 

Menurut Romo Roy agar personel TNI dan Polri yang beragama Katolik mendapat pembinaan mental spiritual secara khusus, maka perlu mendapat siraman rohani. 

“Misalnya setiap Jumat pertama diadakan Perayaan Ekaristi di lingkungan TNI dan Polri yang akan dilayani oleh saya sebagai Ketua Komisi Hak dan Kerawam Keuskupan Tanjungkarang. Gagasan-gagasan itu disambut baik oleh Kapolda dan Danrem dan akan ditindaklanjuti,” ujar dia lagi. 

Usai audiensi, Kardinal dan rombongan kembali ke RR CB Matoy Way Hurik. Sore harinya diadakan Perayaan Ekaristi bersama Uskup TNI/Polri di Gereja Stasi Waykandis, Paroki Santo Yohanes Rasul Kedaton, Bandarlampung. Usai Ekaristi dilanjutkan dengan sambung rasa dengan keluarga besar anggota tetap umat Katolik di lingkungan TNI dan Polri. 

Diawali dengan sajian video singkat tentang keuskupan militer. Lalu dilanjutkan dengan sharing pengalaman para TNI-Polri berkisar: motivasi masuk TNI (AU, AL, AD) maupun Polri, pengalaman yang paling mengesankan, apa yang membanggakan, dan harapan sebagai anggota TNI dan Polri.
Baca juga: Keuskupan Tanjungkarang Lampung kecam pelecehan seksual anak
Baca juga: Ketua Kerawam dan HAK Keuskupan Tanjungkarang kecam bom Makasar