Pemprov Lampung terus promosikan daya tarik wisata lokal

id Festival parekraf Lampung, pariwisata Lampung, ekonomi kreatif Lampung

Pemprov Lampung terus promosikan daya tarik wisata lokal

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan saat membuka Festival Parekraf Lampung. Bandarlampung, Rabu (13/9/2023). ANTARA/HO-Pemprov Lampung.

Daya tarik pariwisata lokal akan terus dikembangkan yaitu dengan menggali potensi kekayaan sumber daya alam dan budaya dalam bingkai pembangunan pariwisata yang berkelanjutan, ucapnya
Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terus berupaya mempromosikan daya tarik wisata lokal di daerahnya guna mendukung gerakan bangga berwisata di Indonesia.

"Kebijakan pemerintah pusat di sektor kepariwisataan dengan tagar 'Wonderful Indonesia' menggambarkan berbagai keindahan wisata lokal, ini sejalan dengan arah pembangunan pariwisata Provinsi Lampung saat ini," ujar Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan pihaknya terus mempromosikan beragam daya tarik pariwisata lokal di daerahnya untuk mendukung gerakan bangga berwisata di Indonesia.

"Sebagai upaya mendukung gerakan bangga berwisata di Indonesia, sambil mempromosikan daya tarik wisata unggulan Lampung pemerintah daerah mendorong melalui pelaksanaan Festival Parekraf Lampung 2023," kata Kusnardi.

Dia menjelaskan dalam kegiatan tersebut telah disediakan pula paket wisata nusantara dan beli paket kreatif desa wisata di Provinsi Lampung.

"Daya tarik pariwisata lokal akan terus dikembangkan yaitu dengan menggali potensi kekayaan sumber daya alam dan budaya dalam bingkai pembangunan pariwisata yang berkelanjutan," ucapnya.

Ia pun berharap kedepannya Festival Parekraf akan menjadi kegiatan besar di Provinsi Lampung yang dapat terus mendorong pembangunan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif daerah. Sehingga dua sektor tersebut dapat memberi kontribusi terhadap kebangkitan ekonomi daerah.

"Dua sektor ini mempunyai efek ganda yang besar terhadap peningkatan kekuatan ekonomi rakyat dan kesejahteraan masyarakat, melalui dibukanya kesempatan kerja serta mengurangi kemiskinan sehingga perlu terus dikembangkan," tambahnya.

Tanggapan serupa dikatakan oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung Bobby Irawan.

Menurut dia Festival Parekraf Lampung menjadi ruang untuk mempresentasikan dan menumbuh kembangkan potensi unggulan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Provinsi Lampung.

"Kegiatan ini diarahkan sebagai wadah promosi terhadap daerah tujuan wisata, daya tarik wisata, produk pendukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif serta kerajinan dan potensi daerah," kata Bobby.

Selain mendukung gerakan bangga berwisata di Indonesia dan mempromosikan atraksi dan daya tarik wisata unggulan Provinsi Lampung. Juga bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan wisata yang mendukung upaya pelestarian lingkungan alam peninggalan sejarah serta budaya.

Selanjutnya, juga untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional dengan mendorong pertumbuhan UMKM di sektor ekonomi kreatif dan pelaku usaha industri pariwisata di Lampung.

"Lalu memperkuat pula daya saing industri pariwisata dan sektor ekonomi kreatif di Lampung, memperluas pemasaran melalui pasar wisata domestik dan transformasi pasar wisata digital," ucap dia lagi.

Diketahui Festival Parekraf Lampung merupakan rangkaian lanjutan dari Krakatau Festival (K-Fest) 2023 yang digelar beberapa waktu lalu.

Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 13-17 September 2023 dengan berbagai rangkaian kegiatan diantaranya Lomba Mewarnai, Lomba Fashion Nemui Nyimah dan Festival Tari Kreasi Lampung.

Kemudian ada bincang bisnis Parekraf Lampung, coaching clinic ekraf, dan Nemui Nyimah Community Showcase, Muli Mekhanai dan Talent Show, Lampung Fashion dan Sunmori.