Pembinaan ideologi Pancasila untuk pembentukan karakter siswa

id Lampung, lamteng, lampung tengah, gunung sugih, pancasila, ideologi pancasila

Pembinaan ideologi Pancasila untuk pembentukan karakter siswa

Ketua DPRD Provinsi Lampung Migrum Gumay berfoto bersama dengan ratusan siswa/siswi peserta sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila, di aula SMAN 1 Terbangi Besar. ANTARA/Emir F. Saputra

Pancasila itu adalah dasar negara, Pancasila pandangan hidup bangsa....
Lampung Tengah (ANTARA) - Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay melakukan sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila di SMAN 1 Terbanggi Besar, Kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan ini diikuti oleh ratusan siswa/siswi SMA/SMK se-Kabupaten Lampung Tengah.

Sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila di aula SMAN 1 Terbanggi Besar mengusung tema "Pancasila sebagai penjamin pendidikan yang berkualitas”.

Kepala SMA Negeri 1 Terbanggi Besar Haryono mengatakan, kegiatan ini sangat baik karena bisa membentuk karakter dari anak-anak tersebut. Apalagi di tingkat SMA/SMK ini masih ingin coba-coba. Tetapi dengan adanya pembinaan ideologi ini, anak-anak bisa lebih paham tentang betapa pentingnya dunia pendidikan saat ini.

“Kegiatan ini sangat tepat, karena berdasarkan data yang ada, penduduk Indonesia saat ini berada di rentang usia 17 sampai 40 tahun, atau masuk kategori milenial anak-anak muda," kata Haryono, di Lampung Tengah, Jumat (16/6).

Ia menjelaskan, sosialisasi pembinaan ideologi Pancasila mengusung tema "Pancasila sebagai penjamin pendidikan yang berkualitas” tersebut diikuti ratusan siswa dari SM/SMK yang ada di Lampung Tengah.

Menurutnya, generasi milenial sekarang ini sedang menghadapi arus globalisasi, arus westernisasi, arus informasi, oleh karena itu dengan adanya kegiatan ini bisa hadir bagaimana mengenalkan kembali kepada para siswa nasional tentang pentingnya pembumian Pancasila.

"Pancasila itu adalah dasar negara, Pancasila pandangan hidup bangsa, Pancasila adalah filsafat bangsa, memang ada sebuah kealpaan masa lalu apabila kita lihat 10 tahun lalu adik-adik sedikit sekali mengenal Pancasila dalam pendidikan Pancasila," katanya.

Karena itu, ujar dia, pada fase ini Pancasila beserta dengan nilai-nilainya harus terus dikenalkan lebih jauh kepada generasi milenial, termasuk generasi saat ini, karena itu sesuai visi bersama dan program Presiden Joko Widodo (Jokowi) salah satu adalah pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Proses pembumian Pancasila ini maka kita diskusikan bersama, menjadi perenungan bersama bagi kita semua. Tentunya ini juga sebagai proses mencari jati diri, proses saling mengenal Pancasila yang diperkenalkan oleh Presiden Soekarno," katanya lagi.
Baca juga: Pemkot Metro jalin kerjasama dengan BPIP tentang pembinaan ideologi Pancasila
Baca juga: Garinca Reza Pahlevi sosialiasi Ideologi Pancasila kepada mahasiswa di Lampung Timur