Donald Harris Sihotang mahasiswa non Muslim pertama promosi doktor di UIN Lampung

id Lampung,Bandarlampung,uin lampung

Donald Harris Sihotang mahasiswa non Muslim pertama promosi doktor di UIN Lampung

Donald Haris Sihotang merupakan mahasiswa non Muslim pertama yang melaksanakan ujian terbuka promosi doktor atau lulus S3 di Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Bandarlampung, Kamis (9/2/2023). ANTARA/HO.

Disertasi ini sangat menarik, yang diangkat ini sangat bermanfaat terutama di lingkup Kementerian Agama.
Bandarlampung (ANTARA) - Donald Haris Sihotang menjadi mahasiswa non Muslim pertama yang melaksanakan ujian terbuka promosi doktor atau lulus S3 di Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL).

"Beliau ini merupakan mahasiswa pertama non Muslim yang mengenyam pendidikan dalam lembaga pendidikan Islam. Ini menyejukkan institusi kita yang menjunjung tinggi toleransi perbedaan dan beragama," kata anggota tim penguji Prof. Dr. H. Sulthan Syahril, MA, di.Bandarlampung, Kamis.

Sulthan Syahril juga mengatakan bahwa disertasi berjudul "Model Manajemen Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Jurnalistik" yang dibuat Donald Harris Sihotang merupakan solusi atas kegelisahan para guru 

"Disertasi ini sangat menarik, yang diangkat ini sangat bermanfaat terutama di lingkup Kementerian Agama. Disertasi ini ibaratkan muncul dewa penyelamat yang memberikan solusi atas kegelisahan-kegelisahan para guru, ini merupakan sesuatu yang baru bagaimana kemudian penelitian ini dapat menjadi solusi atas kegelisahan tenaga pendidik," ujarnya pula.

Ketua Tim Penguji UIN RIL Prof. Wan Jamaludin Z, Ag, Ph.D. dalam sidang tersebut mengatakan bahwa ujian terbuka kali ini memuat judul disertasi yang berbeda serta dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di Republik Indonesia (RI).

"Promosi doktor kali ini tidak biasa, mungkin karena tokoh yang dipromosikan tidak biasa dan judul disertasi yang juga tidak biasa, maka berkumpul di ruangan ini orang-orang yang luar biasa. Memang tema yang menarik, khususnya bagi tenaga pendidik. Saya ucapkan selamat karena sudah sampai pada tahapan terakhir," katanya ketua penguji yang juga Rektor UIN Lampung ini pula.

Donald Harris Sihotang menyampaikan bahwa promosi doktor yang diterimanya hari ini bertepatan dengan hari spesial wartawan Indonesia yaitu Hari Pers Nasional (HPN).

"Hari ini sangat spesial, karena sidang promosi doktor saya bertepatan dengan Hari Pers Nasional tanggal 9 Februari yang berlangsung di Sumatera Utara," ujarnya pula.

Menurutnya, perbedaan bukan menjadi penghalang, karena semua orang memiliki peluang yang sama di kampus hijau ini.

"Semoga UIN Raden Intan Lampung makin berkembang hingga ke internasional," kata dia.

CEO Kupas Tuntas Grup tersebut menjelaskan bahwa disertasi berjudul Model Manajemen Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Berbasis Jurnalistik yang dibuatnya telah dilakukan berdasarkan hasil observasi.

"Penelitian ini fokus pada hasil observasi yang sudah dirancang secara sistematis dan menghasilkan output yang sesuai model pengembangan pelatihan penulisan karya ilmiah berbasis jurnalistik," katanya lagi.

Donald Harris Sihotang merupakan doktor ke 281 yang dipromosikan UIN RIL. Dalam sidang terbuka ujian promosi doktor tersebut, dipimpin oleh Ketua Tim Penguji Prof. Wan Jamaludin Z, M.Ag., Ph.D. Lalu, penguji I Prof. Dr. H. Sulthan Syahril, M.A., Penguji II Prof. Dr. Hj. Siti Patimah, M.Pd.

Selanjutnya, penguji III Prof. Dr. H. Agus Pahrudin, M.Pd., Penguji IV Dr. Achi Rinaldi, M.Si., Penguji V Dr. Hj. Heni Noviarita, M.Si. dan sekretaris sidang Dr. Koderi, M.Pd. Ujian digelar di Ballroom UIN RIL, Sukarame, Bandarlampung. 
Baca juga: Resmikan Masjid Safinatul Ulum UIN Raden Intan, Wapres harapkan iptek berpadu dengan imtak
Baca juga: Itera dan UIN Raden Intan Lampung kolaborasi bangun kampus berkelanjutan