Kendalikan faktor risiko stroke dengan aktivitas fisik

id stroke,ahli kesehatan,aktivitas fisik

Kendalikan faktor risiko stroke dengan aktivitas fisik

Dokter spesialis saraf Untung Gunarto Sp.S. MM. FOO ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

Jakarta (ANTARA) - Ahli kesehatan spesialis saraf Untung Gunarto Sp.S. MM mengatakan bahwa faktor risiko stroke dapat dikendalikan dengan melakukan olahraga atau aktivitas fisik secara rutin.Gunarto Sp.S. MM mengatakan bahwa faktor risiko penyakit stroke dapat dikendalikan dengan cara rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik.

“Kendalikan faktor risiko stroke dengan aktivitas fisik rutin,” katanya belum lama ini.

Dokter yang berpraktik di sejumlah rumah sakit di Purwokerto, Jawa Tengah itu mengatakan, ada sejumlah faktor risiko stroke antara lain hipertensi, diabetes melitus, kolesterol tinggi, obesitas, dan kurang olahraga atau aktivitas fisik.

Baca juga: Neurolog: Kendalikan risiko cegah stroke di usia muda

Faktor risiko yang disebutkan di atas, kata dia, merupakan faktor risiko yang dapat dikendalikan, salah satunya melalui olahraga atau aktivitas fisik secara teratur.

“Dengan rutin bergerak maka akan terjadi peningkatan pembakaran tubuh dan metabolisme tubuh yang baik, sehingga terjadi keseimbangan low density lipoproteinlow density lipoprotein atau LDL, dan high density lipoprotein atau HDL,” ungkapnya.LDL, dan high density lipoproteinHDL," katanya.

Selain rutin beraktivitas fisik, kata dia, masyarakat juga harus memastikan asupan yang seimbang sesuai dengan kebutuhan tubuh.asupan yang seimbang dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

 Baca juga: Sedikit makan daging, risiko stroke berkurang