Pemkot Bandarlampung minta warga segera ikut vaksinasi ketiga untuk cegah varian XBB

id Lampung,Bandarlampung,Dinkes,Vaksinasi,COVID-19

Pemkot Bandarlampung minta warga segera ikut vaksinasi ketiga untuk cegah varian XBB

Petugas kesehatan sedang melakukan vaksinasi COVID-19 Bandarlampung, Kamis (10/11/2022). (ANTARA)

Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung, Provinsi Lampung meminta warga segera melakukan vaksinasi dosis ketiga guna mencegah terpapar COVID-19 subvarian Omicron XBB.

"Sekarang muncul lagi COVID-19 varian baru, Omicron XBB, maka selain harus melakukan vaksinasi dosis ketiga, kemudian prokes juga harus dijaga ketat," kata Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana di Bandarlampung, Kamis.

Ia menyebutkan warga yang ingin melakukan vaksinasi COVID-19 baik dosis pertama, kedua, maupun ketiga bisa langsung datang ke puskesmas-puskesmas terdekat di wilayah setempat.

Ia mengatakan orang yang tidak divaksinasi dosis ketiga akan mudah terpapar COVID-19, termasuk Omicron subvarian XBB.

"Setahu saya yang banyak terpapar Omicron ini, orang yang tidak divaksinasi lengkap. Karena masih ada yang baru dosis pertama dan dosis kedua saja," kata dia.

Pemkot Bandarlampung akan kembali menggencarkan vaksinasi kepada masyarakat, baik yang belum menerima sama sekali, untuk dosis kedua maupun penguat.

"Kami jemput bola kembali agar masyarakat mau divaksinasi, bahkan puskesmas juga sudah berkeliling terus guna menjangkau masyarakat," kata dia.

Pemkot Bandarlampung juga akan kembali menggalakkan penerapan prokes COVID-19 dengan memantau aktivitas masyarakat di malam hari.

"Nanti kami akan keliling lagi guna melihat penerapan prokes di masyarakat," ujarnya.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan Lampung telah menyatakan bahwa terdapat seorang warga terpapar COVID-19 subvarian Omicron XBB dan sedang memantau kondisi orang tersebut.