LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

id Dompet Dhuafa, LKC Dompet Dhuafa, Hari Cuci Tangan Pakai Sabun 2022

LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. ANTARA/HO-Dompet Dhuafa.

Mencuci tangan dengan sabun  sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit memutus mata rantai kuman.
Jawa Tengah (ANTARA) - Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa Jawa Tengah memperingati hari cuci tangan pakai sabun sedunia, Sabtu, 22 Oktober 2022. 

Oktober 2022, serangkaian kegiatan memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia digelar pada dua kabupaten di Jawa Tengah:  sekolah dasar (SD) di Kabupaten Banyumas dan madrasah ibtidaiyah (MI) di Kabupaten Cilacap, dengan melibatkan unsur komunitas dan akademisi.

Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HTPCS) 2022 turut disukseskan oleh komunitas Dompet Dhuafa Volunteer (DDV), dan mahasiswa dari Koas Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Dua sekolah setingakat SD dan MI dipilih sebagai lokasi sasaran kampanye, untuk bersama-sama mengubah perilaku hidup bersih dan hidup sehat sejak dini. 

MI Muhammadiyah Sanmunawar Gentasari Kabupaten Cilacap  menjadi langganan banjir setiap musim penghujan tiba. Sedangkan SDN 02 Sumbang Banyumas merupakan salah satu sekolah yang berada di lokasi Program Kawasan Sehat Sanitasi LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah. Total peserta terlibat dalam kampanye gerakan cuci tangan pakai sabun sebanyak 328 siswa/siswi. 

Rangkaian kampanye gerakan cuci tangan pakai sabun ini di antaranya memperagakan enam langkah mencuci tangan oleh dokter Gerai Sehat dr Riyanti Citra Utami. Praktik cuci tangan bersama-sama, permainan edukatif bersama volunteer, pembagian paket cuci tangan dan skrining kesehatan gigi mulut para siswa .

Kepala Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sumbang Amin Bahrun menyampaikan terima kasih kerja sama kegiatan promosi kesehatan yang dilakukan Dompet Dhuafa. 

Menurut dia, pasca dilanda banjir beberapa pekan, pihak sekolah terus berupaya menerapkan pola hidup bersih dan sehat bagi semua siswa dan siswi.

Ia menyatakan adanya intervensi dari Dompet Dhuafa, pihak sekolah menjadi terbantu. 

Sementara itu, Dewi Astuti AMd Keb selaku Ketua Pelaksana Promkes LKC Dompet Dhuafa Jawa Tengah mengungkapkan, sebagai lembaga jejaring kesehatan Dompet Dhuafa, LKC berkomitmen terus terlibat dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat, salah satunya pada momentum Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. 

"Mencuci tangan dengan sabun  sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit memutus mata rantai kuman," ujarnya.

Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia Tahun 2022 di Indonesia mengusung tema '’Bersatu untuk Tangan Bersih Sehat'’, sub temanya ’Peran Perempuan dalam Penurunan Stunting melalui Setop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) dan CTPS’’. 

Dompet Dhuafa terus berkomitmen menjadi bagian dari pemerintah untuk menurunkan prevalensi stunting dan peningkatan peran kader kesehatan melalui program-program pemberdayaan kesehatan berbasis keawasan di seluruh Indonesia. Salah satu pendekatan dengan melibatkan peran kader yang didominasi oleh perempuan untuk dapat menjadi agent of change masing-masing desa dan posyandu di wilayah intervensi.


Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 29 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.
Baca juga: Empat komunitas peduli lingkungan menggaungkan aksi iman keadilan Iklim
Baca juga: Dompet Dhuafa Waspada membelanjai perlengkapan sekolah anak yatim