Tekan angka kecelakaan di jalan tol hingga 40 persen, Hutama Karya akan rutin gelar operasi microsleep

id Hutama Karya,Microsleep,Jalan tol,kurangi kecelakaan

Tekan angka kecelakaan di jalan tol hingga 40 persen, Hutama Karya akan rutin gelar operasi microsleep

Petugas gabungan dari PT Hutama Karya, Kepolisian dan TNI memberikan himbauan kepada pengemudi saat menggelar Operasi Mengantuk (microsleep) dan Kelayakan kendaraan di KM 208 ruas tol Terbanggi Besar Pematang Panggang, Kayu Agung (Terpeka) Kabupaten Tulang Bawang, Lampung, Minggu (30/10/2022) dinihari. Operasi tersebut dilakukan untuk menghimbau para pengemudi yang melintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) agar selalu waspada, dan beristirahat jika sudah mengantuk guna menekan angka kecelakaan di jalan tol. (ANTARA/ARDIANSYAH)

Bandar Lampung (ANTARA) - Hutama Karya bersama pihak kepolisan dan TNI melakukan operasi anti mengantuk (microsleep) yang dilakuan di Rest Area KM 208 Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka) pada Minggu, (30/10/2022) dini hari.

Petugas melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan mobil pribadi hingga truk pengangkut barang yang yang melintas di KM 208 .

Petugas memberikan imbauan kepada para pengguna jalan jalan tol agar beristirahat di rest area jika sudah dalam keadaan mengantuk/lelah.

Branch Manager PT Hutama Karya Ruas Tol Terpeka Yoni Satyo Wisnuwardhono mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) selaku pengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) serentak di seluruh Indonesia.

"Iya, jadi kegiatan ini dilakukan serentak di seluruh Jalan Tol yang dikelola oleh Hutama Karya, ini kita kampanye SETUJU atau selamat sampai tujuan, kampanye ini bertujuan meningkatkan kesadaran berkendara di jalan Tol Trans Sumatera," ujarnya Minggu dinihari.

Yoni menambahkan, adapun kampanye keselamatan berkendara tersebut bertujuan untuk yang pertama adalah setuju bahwa keselamatan itu nomor satu; yang kedua setuju untuk menurunkan tingkat fatalitas kecelakaan di jalan tol; yang ketiga setuju untuk tertib berkendara; yang keempat setuju untuk tertib kecepatan; yang kelima setuju untuk tertib muatan.

Ia juga menambahkan, jika kegiatan ini akan terus dilakukan oleh pihaknya secara rutin setiap 2 minggu sekali untuk mengurangi angka kecelakaan.

Selain melakukan imbauan keselamatan, sambung Yoni, pihaknya juga memberikan para pengemudi makanan ringan dan kopi dan mengajak para pengguna jalan agar beristirahat di rest area jika sudah lalah berkendara.

 

Pewarta :
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2022