Riset Unpad-Kementan hasilkan buahmangga bebas lalat buah

id Ekspor mangga,Mangga, Kementan, Unpad,Antara Lampung, Lampung Update

Riset Unpad-Kementan hasilkan buahmangga bebas lalat buah

Petugas Balai Karantina Pertanian Kelas I Denpasar memeriksa buah Mangga siap ekspor saat kegiatan pelepasan ekspor komoditas unggulan Bali di kawasan kargo logistik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Kolaborasi riset yang dilakukan oleh Institut Pembangunan Jabar Universitas Padjadjaran (Injabar Unpad) bersama Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian menunjukkan  produk mangga Indonesia bebas dari lalat buah yang mengandung bakteri.

Guru Besar Fakultas Farmasi Universitas Padjadjaran (Unpad) Keri Lestari dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu, mengatakan Unpad dan Kementan telah meriset 2.800 lalat buah yang hinggap pada mangga, dan hasil riset menunjukkan tidak ada bakteri lalat yang menempel pada buah.

Menurut Keri, bactrocera occipitalis hanya ditemukan di wilayah hutan belantara Kalimantan Utara. Di sana, lalat tersebut hinggap pada beberapa buah mangga saja. Sedangkan produk mangga yang ada di Indonesia bebas dari bakteri dan merupakan varietas unggul siap ekspor.

Penelitian ini dilakukan sejak bertahun-tahun lalu dengan melibatkan berbagai pihak termasuk beberapa perusahaan agribisnis dan Barantan Kementan.

"Dari semua riset yang kita lakukan, ada sekitar 2800-an lalat buah yang sudah kami teliti. Hasilnya 14 lalat buah dicurigai sebagai bactrocera. Itu pun adanya di hutan Tarakan dan jauh dari pemukiman. Dari sisi jumlah tidak banyak," katanya.

Menurut Keri, semua riset telah dipublikasi dan didaftarkan pada Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF) Jepang. Dari paparan tersebut, MAFF mengapresiasi penelitan dan riset yang dilakukan hingga menerjang pelosok hutan wilayah Kalimantan Utara.


Baca juga: BPTP Lampung upayakan pelestarian varietas lokal mangga isem kumbang

Baca juga: Mentan lepas ekpsor tiga ton mangga ke Singapura