Dompet Dhuafa Jawa Timur mendorong petani belimbing berdaya

id Petani Belimbing, Dompet Dhuafa Jawa Timur, petani belimbing

Dompet Dhuafa Jawa Timur mendorong petani belimbing berdaya

Dompet Dhuafa Jawa Timur mendorong Petani Belimbing berdaya. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa.

Jawa Timur (ANTARA) - Pariwisata merupakan sektor yang dapat dijadikan industri yang potensial alat pengembangan potensi daerah. Pariwisata berpengaruh besar terhadap perkembangan dan kemajuan suatu daerah. 

Meningkatnya sektor pariwisata akan membuka lapangan kerja dan kesempatan usaha. Peningkatan pendapatan usaha dan pemerintah akan mendorong sektor yang terkait lebih berkembang. 

Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur menangkap peluang ini, tepatnya di Desa Bono, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, sedang berkembang potensi agrowisata belimbing. Hampir setiap hari libur, tempatnya ini selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun luar Tulungagung. 

“Setiap pekan, kebutuhan produk belimbing disini itu kurang lebih 1 ton mas, satu bulan antara empat sampai dengan lima ton. Sampai hari ini kelompok tani Arta Mandiri masih kekurangan. Jangankan untuk dipasarkan keluar daerah atau sepermarket, untuk pengunjung disini saja masih kekurangan. Di wilayah Boyolangu ini didata ada kurang lebih 3.596 pohon, hamipir 50 persennya  kondisinya tidak terkelola dengan baik alias mangkrak, hanya dijadikan pakan ternak, eman bianget (sayang banget) Mas”,  cetus Udin selaku petani belimbing di Tulungagung. 

Atas dasar petensi dan problem ini yang melatar belakangi, Dompet Dhuafa hadir di wilayah Tulungagung. Tepatnya hari Selasa, 21 Juni 2022 Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur meresmikan program Petani Belimbing Berdaya di Desa Bono Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Target dari program ini, diharapkan produksi buah belimbing meningkat dan petani binaan mampu memperoleh tambahan pendapatan dari berbudidaya belimbing. Peresmian program juga dihadiri oleh Muhammad Mujamil (57 th) selaku Kepada Desa Bono.

Pelaksanaan program sementara  awali dengan membantu petani sebanyak 10 orang dengan luasan lahan kurang lebih sekitar 2.940 m² dan 330 pohon belimbing. 

Petani binaan Dompet Dhuafa tidak memulai berbudidaya dari nol, melainkan memperbaiki kondisi tanaman yang saat ini tidak terkelola dengan baik. "Jadi bersama praktisi dan ahli pembudidaya belimbing, kami mendampingi para petani menguatkan potensinya kembali”, ujar Kholid Abdillah selaku Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Jatim. 

Senada dengan Kholid, selanjutnya Arifin (42) salah satu petani menyampaikan dalam bahasa jawa “ Niki lo Mas sampean tingali, pohon belimbing sehat niki lek dipotong kulite taseh enten kambiume, kebalikane lek pohon belimbing engkang sakit muncul kambiume. Insyallah mas target tiga (3) bulan bisa diperbaiki. Mugi-mugi panen berdaya saget medal satu (1) ton, " katanya.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.