Hari Wiwoho jabat Ketua Institut Pemeriksa Keuangan Negara Lampung

id hari wiwoho, ipkn lampung, bpk ri, bpk lampung

Hari Wiwoho jabat Ketua Institut Pemeriksa Keuangan Negara Lampung

Pelantikan Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) wilayah Lampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Hari Wiwoho menjabat sebagai Ketua 
Pengurus Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Lampung periode 2020-2023.

Pelantikan pengurus IPKN Wilayah Lampung ini dilakukan secara virtual, Kamis,  oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional (DPN) IPKN, Bahrullah Akbar, bersamaan dengan pengurus IPKN di wilayah Sumbagsel lainnya, yaitu Bengkulu, Sumatera Selatan, Jambi dan Kepulauan Bangka Belitung.

Pelantikan pengurus IPKN Wilayah Lampung tertuang dalam Surat Keputusan Dewan Pengurus Nasional IKPN No. 18/K/DPN/IKPN/X/2020.

Ketua Umum DPN IKPN, Bahrullah Akbar, mengatakan, organinsasi profesi ini dibentuk untuk memenuhi seluruh kompetensi pemeriksa dan meningkatkan mutu pemeriksaan keuangan negara sesuai dengan standar.


Menurutnya, IPKN merupakan organisasi profesi Pemeriksa Keuangan Negara yang telah diresmikan pada 20 Februari 2020 lalu.


Ia menjelaskan organisasi ini diinisiasi oleh BPK RI selaku instansi pembina jabatan fungsional pemeriksa keuangan negara, dengan tujuan untuk mengembangkan dan mendayagunakan potensi pemeriksa bagi kepentingan bangsa dan negara.

Ia mengatakan, saat ini telah terbentuk 14 pengurus IPKN di Indonesia, setelah terbentuk kepengurusan di 34 Provinsi, IPKN akan melakukan musyawah nasional dalam rangka menentukan arah organisisasi.

"IPKN terbuka bagi para pengawas internal pemerintah, BPKP, inspektorat jenderal, inspektorat provinsi kabupaten/kota dan pihak lainnya yang ingin bersinergi termasuk pihak universitas, kantor akuntan publik serta lembaga profesi lainnya dalam rangka menyamakan persepsi mendorong BPK lebih transparan dan akuntabel agar bisa mendorong pemerintahan yang baik dan juga meningkatkan tatanan pengelolaan keuangan negara yang bersih dan lebih baik," ujar Bahrullah Akbar.

Sementara Ketua IPKN Wilayah Lampung, Hari Wiwoho, mengatakan, dengan dilantiknya pengurus IPKN Wilayah Lampung, diharapkan dapat mengembangkan profesi pemeriksa keuangan negara dan membangun sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan di wilayah-wilayah Provinsi Lampung untuk mendorong peningkatan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara/daerah.

Hari Wiwoho yang juga Kepala BPK Perwakilan Lampung itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan konsolidasi, melaksanakan diklat dan sertifikasi bagi para pemeriksa terutama pemeriksa di BPK untuk menstandarkan kompetensi bagi pemeriksa.

"Pelantikan ini tujuannya lebih kearah meningkatkan kompetensi pemeriksa keuangan negara itu yang paling utama, dan yang tidak kalah pentingnya menumbuhkan sinergitas antarpemeriksa BPK, BPKP dan inspektorat, jadi intinya peningkatan kompetensi dan sinergi untuk mendukung Indonesia lebih maju," tambahnya.