Lampung telah periksa 2.349 sampel tes usap

id Corona Lampung, hasil uji usap, dinkes lampung

Lampung telah periksa 2.349 sampel tes usap

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Reihana. Bandarlampung, Sabtu (27/6/2020) (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung mencatat total 2.349 sampel tes usap pasien yang telah diuji di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di daerah itu.

"Hingga saat ini tercatat informasi mengenai jumlah sampel tes usap yang sudah diperiksa oleh tenaga kesehatan kami ada 2.349 sampel," ujar Kepala |Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana di Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan uji atas 2.349 sampel tes usap pasien dilakukan dengan menggunakan alat Tes Cepat Molekuler (TCM) dan Polymerase Chain Reaction (PCR).

"Hasil uji usap pasien yang berjumlah total 2.349 sampel dilakukan dengan alat TCM dan PCR yang ada di sejumlah rumah sakit rujukan COVID-19 di Provinsi Lampung dan juga Laboratorium Kesehatan Daerah," katanya.

Ia menjelaskan dari total sampel 2.349 sampel tes usap yang diuji, ada 156 sampel yang dinyatakan positif COVID-19.

"Dari jumlah total sampel yang diuji, ada 156 sampel dinyatakan positif, dan pada tanggal 26 Juni kami telah memeriksa 58 sampel tes usap dengan hasil satu sampel dinyatakan positif COVID-19," katanya.

Dia mengatakan meski kasus COVID-19 di Provinsi Lampung mulai stabil, masyarakat diminta untuk terus menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitas keseharian di tengah pandemi virus corona jenis baru itu.

"Meski kasus COVID-19 mulai melandai, kita tidak boleh lengah dan harus bersiap dan mengantisipasi adanya gelombang kedua COVID-19, oleh karena itu protokol kesehatan adalah yang utama harus dilaksanakan," katanya.