Gugas COVID-19 periksa kesehatan seluruh masyarakat Batam

id virus corona batam,gugus tugas covid batam

Gugas COVID-19 periksa kesehatan seluruh masyarakat Batam

Sosialisasi COVID-19 di Kota Batam, Kepulauan Riau. (Naim)

Batam (ANTARA) - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Batam, Kepulauan Riau, akan memeriksa kesehatan seluruh masyarakat, demi memastikan apakah ada warga yang terindikasi terpapar virus corona.

"Kami segera akan menyisir warga, apa yang masuk kriteria orang dalam pemantauan pasien, pasien dalam pengawasan, suspect atau yang sudah terverifikasi positif COVID-19," kata Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Batam Amsakar Achmad di Batam, Kamis.

Gugus Tugas membentuk tim tingkat kecamatan, melibatkan seluruh unsur, termasuk kepala puskesmas dan lurah. Selanjutnya, lurah akan mengoordinasikan perangkat RT dan RW setempat, mencari tahu, warga yang disasar dalam pemeriksaan kesehatan.

Tim akan segera bergerak ke masyarakat, sambil menunggu alat pemeriksa COVID-19 didatangkan ke BTKL-PP Batam.

"Dalam rentang waktu sepekan ke depan, semua warga Batam tersisir, agar bisa segera diketahui informasi seperti apa tingkat kegawatdaruratan di Batam," kata dia.

Ia memastikan, hingga kini belum ada warga kota yang dinyatakan positif terpapar COVID-19. Semua warga yang dites, hasilnya negatif.

Memang, jumlah orang diperiksa meningkat. Menurut dia, itu lebih karena petugas kini bekerja dengan masif. Jika sebelumnya hanya menerima laporan, maka kini petugas "menjemput bola".

"Kami berbahagia, karena seluruh pemangku kepentingan terpanggil untuk meminimalkan sebaran corona," kata dia.