Libur akhir tahun, Tahura Sultan Adam diserbu wisatawan

id Tahura Sultan Adam,wisata kalsel, tahura kalsel

Libur akhir tahun, Tahura Sultan Adam diserbu wisatawan

Pengunjung Tahura Sultan Adam di Mandiangin saat memberi makan rusa di penangkaran. (antara/foto/firman)

Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam di Mandiangin, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan diserbu wisatawan dilibur panjang akhir tahun saat ini.
Martapura (ANTARA) - Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam di Mandiangin, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan diserbu wisatawan dilibur panjang akhir tahun saat ini.

Bermain di kolam aliran air terjun serta memberi makan rusa jadi kegiatan yang paling digemari pengunjung, terutama anak-anak.

"Kami rombongan satu keluarga senang ke sini jika kebetulan lagi liburan ke Banjarmasin. Apalagi saat ini musim hujan, jadi anak-anak bisa bermain air di alam Mandiangin," kata Novy, pengunjung asal Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah di Martapura, Senin.
Baca juga: Akan berdiri Plaza Jokowi di Tahura Kalsel

Ekowisata Tahura Sultan Adam di Mandiangin memang menawarkan objek wisata alam yang masih alami. Pengunjung diajak berada di tengah hutan yang di dalamnya terdapat Pusat Habituasi Satwa Endemik Kalimantan.

Selain terdapat penangkaran rusa sambar, terdapat juga bermacam hewan khas daerah hujan tropis dan hutan Kalimantan seperti beruang madu, binturung atau musang berekor besar dan panjang, owa yang merupakan primata tidak berekor yang memiliki tubuh berukuran sedang hingga budidaya lebah madu kelulut yang bisa dinikmati pengunjung produk madunya.
Pengunjung Tahura Sultan Adam asik bermain air di kolam aliran air terjun. (antara/foto/firman)


Tak hanya kebun binatang mini, pengunjung yang ingin menikmati alam dari atas ketinggian, bisa mendatangi puncak Bukit Besar di benteng Belanda.

Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pengelola pun telah membangun sejumlah taman dan shelter serta aneka hiasan untuk objek foto kekinian yang bisa dibagikan di media sosial.

Kepala UPT Tahura Sultan Adam Rahmad Riansyah mengakui, kunjungan masyarakat sangat ramai satu pekan terakhir.

Seperti pada hari Senin (30/12), tercatat dalam retribusi tiket masuk ada 578 lembar tiket pengunjung dewasa, dengan tiket kendaraan roda dua 136 lembar dan tiket roda empat 81 lembar serta tiket rombongan dewasa 42 lembar.

"Tahura Sultan Adam sempat ditutup untuk umum cukup lama saat musim kemarau lalu yang rawan terjadinya karhutla. Sekarang memasuki musim hujan telah dibuka kembali dan mulai ramai dikunjungi, terlebih saat libur panjang anak sekolah hingga awal Januari mendatang," jelas Rahmad.
Pewarta :
Editor : Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar