Sekdaprov Lampung minta TKPRD aktif tanggapi isu dinamika pembangunan daerah

id sekdaprov lampung, penataan ruang daerah, pemprov lampung

Sekdaprov Lampung minta TKPRD aktif tanggapi isu dinamika pembangunan daerah

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto (Antara Lampung/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto minta Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) terus melakukan koordinasi dan
berpartisipasi aktif mengikuti isu isu dinamika pembangunan daerah.


"Untuk hasil yang maksimal dan efisien kita mengharapkan komitmen dari TKPRD agar meningkatkan partisipasi aktif dari setiap anggotanya, sehingga koordinasi maupun pengambilan keputusan di dalamnya dapat dilakukan secara tepat, akurat, efektif dan efisien," kata Fahrizal, di Bandarlampung, Rabu.

Menurut dia, Pemerintah Provinsi Lampung terus menunjukkan komitmen untuk mewujudkan penyelenggaraan penataan ruang agar semakin baik dan mampu mendorong terwujudnya visi Gubernur Lampung, yakni Rakyat Lampung Berjaya.

Salah satu langkah yang diambil adalah meningkatkan kapasitas instrumen penyelenggaraan penataan ruang, di antaranya perencanaan dan pengendalian pemanfaatan ruang.


"Kita ketahui bersama, bahwa penyelenggaraan penataan ruang di Provinsi Lampung pada hakikatnya bertujuan untuk mewujudkan ruang wilayah yang aman, nyaman, harmonis dan berkelanjutan," ujar Sekdaprov.

Sekdaprov menegaskan TKPRD sebagai wadah/forum koordinasi penataan ruang daerah, dalam menjalankan perannya membantu gubernur /bupati/wali kota dalam penyelenggaraan penataan ruang.

"Dengan demikian diharapkan partisipasi aktif TKPRD," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Mulyadi Irsan menyampaikan pihaknya merespon Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 116 tahun 2019 yang mengamanatkan untuk memaksimalkan koordinasi dan sinkronisasi TKPRD, terutama menanggapi isu – isu dinamika pembangunan.

"Setiap daerah memiliki permasalahan yang kompleks dan spesifik, dengan itu diharapkan TKPRD dapat menggagas solusi dari berbagai berbagai permasalahan tata ruang dan strategi percepatan pembangunan di setiap kabupaten /kota," kata Mulyadi.