Relawan Lampung ditempatkan di Kabupaten Sigi

id Tagana lampung, relawan korban gempa, tsunami, palu, sigi, donggala

Relawan Lampung ditempatkan di Kabupaten Sigi

Relawan Lampung (Ist)

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Tim Relawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Provinsi Lampung ditempatkan di Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah untuk membantu korban gempa di daerah setempat.
       
"Tim yang beranggotakan 15 personil  tiba di Palu tadi pagi menggunakan pesawat komersial setelah transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Soekarno Hatta," kata  Koordinator Tim Relawan Lampung Ferius Gunadi, dalam keterangan tertulis yang diterima di Bandarlampung, Selasa.
         
 Ia menyebutkan, jika kehadiran Tagana Lampung bersamaan dengan Tagana Bengkulu dengan kekuatan 18 personil dan Tagana Kepulauan Riau dengan kekuatan 10 personil dan langsung  diterima oleh Kasubdit Penanganan Korban Bencana, Kemensos RI Iyan Kusmadiana dan Kepala Dinas Sosial Sulteng, Ridwan Mumu di Posko Utama Dinsos Sulteng.
         
Ia mengatakan, dalam arahannya Ridwan Mumu menyampaikan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada Gubernur Lampung M Ridho Ficardo , Gubernur Bengkulu dan Kepri yang telah membantu korban gempa dan tsunami di Sulteng, baik secara materil maupun spiritual.
         
"Beliau (gubernur Lampung) telah berkenan mengirimkan relawan yang akan membantu kami yang ada di lapangan," katanya.
         
Sementara untuk wilayah kerja, Tagana Lampung akan berada di wilayah kerja Kabupaten Sigi, Tagana Bengkulu wilayah kerja Kabupaten Donggala dan Tagana Kepri akan berada di wilayah kerja Kota Palu.
       
Para tagana tersebut akan bertugas untuk mendata jumlah titik pengungsi, jumlah tenda yang ada di pengungsian, jumlah pengungsi yang menempati tenda.
       
Kemudian, pelaksanaan dapur umum, dan jadwal pelaksanaan dan pelaksana layanan dukungan psikososial.
         
Pada kesempatan tersebut, Tagana Lampung juga menyerahkan kaos dan topi yang merupakan identitas dari Pramuka Peduli bantuan dari Kwarda Pramuka Lampung dan diterima oleh pengurus Kwarda Pramuka Sulawesi Tengah yang diwakili oleh Kak Eslie Artaban sebagai Koordinator Pos Bantu.