Gubernur Bertekad Berantas Narkoba Dan Korupsi

id guberur lampng, pelaku umkm

...Saya bersama pihak terkait berupaya untuk memberantas peredaraan narkoba di masyarakat serta upaya pemberantasan korupsi di Lampung...
Bandarlampung  (ANTARA Lampung) - Gubernur Lampung Muhammad Ridho Ficardo menyatakan bertekad untuk memberantas narkoba dan korupsi di provinsi setempat.

"Saya bersama pihak terkait berupaya untuk memberantas peredaraan narkoba di masyarakat serta upaya pemberantasan korupsi di Lampung," kata gubernur melalui Kepala Kejaksaan Tinggi Lampung Suyadi di Bandarlampung, Senin.

Ia menyebutkan, perlu upaya semua pihak untuk penanggulangan penyalahgunaan narkoba di masyarakat, khususnya di Provinsi Lampung, sehingga generasi muda di daerah ini dapat terhindar dari jerat penyalahgunaan narkoba.

Terkait dengan pemberantasan korupsi, lanjutnya, pemerintah telah menerbitkan Inpres No. 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi.

Inpres tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi di instansi pemerintahan yang perlu didukung dan dilaksanakan secara terencana dan sungguh-sungguh, sehingga kegiatan pencegahan korupsi yang dilakukan Kejaksaan Agung RI dapat berlangsung efektif dan optimal.

Seiring dengan Inpres terserbut, lanjutnya, Jaksa Agung Republik Indonesia (RI) telah menerbitkan Keputusan Jaksa Agung RI No. KEP- 152/A/JA/10/2015 tanggal 5 Oktober 2015 tentang Pembentukan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan (TP4) Kejaksaan RI, dan tingkat provinsi dan kabupaten/kota, yang disebut TP4D (Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah dan Pembangunan Daerah).

"Tugas dan fungsi TP4/TP4D adalah memberikan penerangan hukum di lingkungan instansi pemerintah, termasuk melakukan diskusi atau pembahasan bersama dengan instansi pemerintah. Dengan demikian, saya berharap pihak Kejaksaaan Tinggi Lampung segera menindak lanjuti Keputusan Jaksa Agung RI tersebut, antara lain melakukan sosialisasi terlebih dahulu kepada instansi pemerintah, serta pihak-pihak yang terkait lainnya", jelasnya.

Ke depan Gubenur Lampung juga mengharapkan agar seluruh kepala satuan kerja perangkat daerah sesuai tupoksi masing-masing terus meningkatkan koordinasi dan sinergitas pelaksanaan program-program antar perangkat daerah, terutama dalam menjabarkan program--program prioritas Pemprov Lampung yang sedang berlangsung.

"Sehingga diharapkan dapat bersinergi, saling mendukung dan berjalan secara simultan dan berkesinambungan," katanya menambahkan. ***2***

(T.A054)

Ridwan Ch

(T.A054/B/R010/R010) 19-10-2015 15:49:07