Sutono: Pemprov Lampung Anggarkan 11,52 Persen Kesehatan

id sutono dan raker idi lamopung, sekdaprov lampung, sutono, rakernas idi lampng

Sutono: Pemprov Lampung Anggarkan 11,52 Persen Kesehatan

Sekdaprov Lampung Sutono saat memberikan sambutan pada Rakernas IDI Lampung di Hotel Novotel Bandarlampung, Rabu (25/10). (foto: Istimewa)

...Gubernur Lampung berkeyakinan membuat program kesehatan adalah hal penting, kata Sutono...
Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Sutono mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung mengalokasikan 11,52 persen Anggaran Pendatapan Belanja Daerah (APBD) untuk bidang kesehatan.

"Gubernur Lampung berkeyakinan membuat program kesehatan adalah hal penting," kata Sutono.

Menurutnya, dokter berperan penting meningkatkan kualitas kesehatan. Banyak harapan besar diberikan kepada dokter untuk menyehatkan masyarakat.

"Provinsi Lampung mengupayakan program untuk melakukan pencegahan guna meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Lampung," katanya.

Ia menjelaskan dalam mencapai kesejahteraan salah satunya melalui kesehatan. Oleh karena itu, Gubernur Lampung berkeinginan generasi muda sehat jasmani, cerdas, mental spiritual, memiliki kepekaan sosial tinggi.

Rakernas ini, menurut Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Ilham Oetama Marsis, menjelaskan untuk mengevaluasi dan menilai kegiatan IDI selama dua tahun terakhir.

IDI siap mendistribusikan tenaga dokter untuk membantu program pemerintah. "Rakernas ini digunakan untuk berdiskusi tentang apa saja yang mampu kita berikan untuk menuju Indonesia Sehat dan Indonesia Emas 2045," kata Ilham Oetama.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI), Murdiati Umbas, menambahkan keluarga merupakan pendidikan dasar dan utama bagi anak.

"Keluarga merupakan tempat pertama membentuk karakter anak. Ibu menjadi kunci utama membina anak, membentuk jiwa sosial, sehingga mampu menempatkan diri dengan baik," katanya.

Terkait Generasi Emas Indonesia, perlu menjaga kesehatan keluarga yang menghasilkan wanita sehat.

"Wanita sehat akan menghasilkan ibu sehat, ibu sehat akan menghasilkan seribu hari sehat, seribu hari sehat akan menghasilkan anak sehat yang akan menjdi generasi emas Indonesia yang tangguh iptek dan imtaq," kata Murdiati.

Boy Zaghlul Zaini, Ketua Panitia Rakernas mengatatakan acara nasional ini diikuti 450 dokter dari 34 provinsi. "Rakernas pertama di Lampung ini sebagai awal rakernas yang kondusif dan jauh dari kegaduhan, sehingga mampu memberikan manfaat bagi dokter dan masyarakat Indonesia," tambahnya.

(ANTARA)