DPRD Lampung minta program makan bergizi gratis segera terealisasi

id Makan bergizi gratis, Pemprov lampung, dprd lampung

DPRD Lampung minta program makan bergizi gratis segera terealisasi

Ilustrasi- Pembagian makan gratis di sekolah menengah atas di Lampung Selatan oleh Menteri Perdagangan. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi

Dan kita harus menjemput program itu agar segera bisa diimplementasikan di Provinsi Lampung
Bandarlampung (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DPRD Provinsi Lampung Ahmad Giri Akbar meminta program makan bergizi gratis segera direalisasikan di provinsi tersebut.
 
"DPRD memiliki kedudukan yang sejajar dan menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah untuk saling bersinergi dengan optimal dalam membangun Provinsi Lampung," ujar Ahmad Giri Akbar di Bandarlampung, Jumat.
 
Ia mengatakan, dengan adanya jalinan kemitraan, pihaknya meminta pemerintah daerah dapat dengan segera mengimplementasikan salah satu program unggulan Presiden Prabowo yakni makan bergizi gratis.
 
"Risiko sosial ini banyak sekali, dan program unggulan Presiden salah satunya adalah makan bergizi gratis. Dan kita harus menjemput program itu agar segera bisa diimplementasikan di Provinsi Lampung," katanya.
 
Ia memastikan, melalui sinergi antara pemerintah daerah dengan DPRD, maka program tersebut dapat berjalan dengan baik kedepannya.
 
"Dalam pelantikan Presiden dan Wakil Presiden telah disampaikan juga beberapa sektor krusial, yang menjadi tujuan nasional lainnya yakni peningkatan ekonomi. Di mana Presiden menargetkan pertumbuhan ekonomi bisa mencapai 8 persen, jadi Provinsi Lampung tidak boleh pertumbuhan ekonominya lebih rendah dari nasional," ucap dia.
 
Ahmad turut mengharapkan pemerintah daerah bisa segera mengakselerasi berbagai kebijakan strategis nasional melalui program jangka menengah, serta program jangka panjang.
 
"Oleh karena itu kami mengajak semua pihak untuk saling bersinergi, bekerja sama untuk membangun daerah," tambahnya.
 
Diketahui pemerintah pusat melalui Badan Gizi Nasional telah menetapkan bahwa program makan bergizi gratis yang digagas oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka akan menyasar 82,9 juta jiwa.
 
Berbagai kementerian telah siap mendukung implementasi program tersebut, salah satunya Kementerian Pertanian telah menyiapkan program pekarangan pangan bergizi serta program peningkatan produksi susu dan daging untuk mendukung keberhasilan program makan bergizi gratis.

Baca juga: BKKBN sebut program makan bergizi gratis tambah gizi anak cegah stunting

Baca juga: Sri Mulyani sebut Makan Bergizi Gratis beri efek ekonomi berganda


Baca juga: Sri Mulyani pastikan makan bergizi gratis masuk APBN 2025