Lampung akan kampanye bidding tuan rumah PON 2032 di pembukaan PON

id koni lampung, tuan rumah pon, pembukaan pon, pon aceh sumut

Lampung akan kampanye bidding tuan rumah PON 2032 di pembukaan PON

Ketua Harian KONI Lampung Amalsyah Tarmizi bersama atlet peraih medali emas pertama dari senam pada PON XXI (ANTARA/HO)

Kami akan melakukan bidding secara resmi di pembukaan PON XXI.
Banda Aceh (ANTARA) - Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung Amalsyah Tarmizi akan mengkampanyekan bidding atau penawaran sebagai tuan rumah bersama Banten pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXIII Tahun 2032.

"Kami akan melakukan bidding secara resmi di pembukaan PON XXI. Bahan-bahannya sudah kita siapkan hingga nantinya akan dibagikan dan diserahkan hingga ke Bapak Presiden," kata Amalsyah, di Banda Aceh, Jumat.

Ia juga mengharapkan pada peserta yang hadir di pembukaan PON hingga pemangku kepentingan di tingkat pusat seperti Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) KONI Pusat, maupun kementerian terkait lainnya sepakat mendukung Lampung dan Banten jadi tuan rumah PON XXIII tahun 2032.

Ia mengatakan Lampung dan Banten memiliki kesempatan besar untuk dapat menjadi penyelenggara PON 2032, menyusul adanya dukungan dari Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

"Mudah-mudahan Lampung-Banten jadi tuan rumah PON XXIII," tambahnya.

Amalsyah juga mengatakan kesiapan untuk menjadi tuan rumah juga sudah siap secara administrasi, yang juga diperkuat dengan proses secara signifikan menuju bidding Lampung dan Banten.

"Saya bisa memastikan bahwa jalan yang kita rintis terus berjalan. Setelah pertemuan dengan teman-teman dari KONI Provinsi Banten bersama Kadispora, maka proses selanjutnya terus bergulir. Deal, Lampung Banten berduet sebagai penyelenggara PON, karena kedua penjabat Gubernur Lampung dan Banten sudah menandatangani kesepakatan bersama beberapa waktu lalu," kata Amalsyah.

Menurut Amalsyah, kesepakatan bersama antara Pemerintah Provinsi Banten dan Lampung tentang pencalonan sebagai tuan rumah bersama pelaksana Pon XXIII Tahun 2032 sudah dibuat secara tertulis dengan nomor: 100.3.7/06-pemotda/2024 dan Nomor: G/528/B.011HK12024.

Kesepakatan tersebut telah ditandatangani bersama pada Rabu 28 Agustus 2024 oleh Pj Gubernur Banten Al Muktabar dan Pj Gubernur Lampung Samsudin.

Sebelumnya Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman juga meminta Lampung untuk bisa menyiapkan diri sebagai penyelenggara PON XXIII. Hal itu dikatakannya, saat akan menuju Aceh bersama Ketua Harian KONI Lampung Amalsyah Tarmizi, di Bandara Kualanamu Medan.

"Lampung hebat, siap-siap menjadi tuan rumah PON," tambahnya.

Baca juga: Rombongan besar kontingen Lampung berangkat menuju PON Aceh-Sumut

Baca juga: Adelia sabet emas angkat besi karena termotivasi oleh rekan setimnya


Baca juga: Lampung bertekad wujudkan target 10 besar PON XXI