Rombongan besar kontingen Lampung berangkat menuju PON Aceh-Sumut

id pon, kontingen lampung, koni lampung, pon aceh sumut

Rombongan besar kontingen Lampung berangkat menuju PON Aceh-Sumut

Rombongan besar kontingen Lampung berangkat menuju PON (ANTARA/HO/Agus Wira Sukarta)

Bandarlampung (ANTARA) - Rombongan besar kontingen Lampung berangkat menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut.

"Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Lampung Arinal Djunaidi memimpin kontingen sebanyak 110 orang menuju Medan, Sumatera Utara," kata Kabid Binpres KONI Lampung, Candra Kurniawan, di Kota Banda Aceh, Jumat 

Ia menyebutkan, rombongan besar pertama yang akan diberangkatkan dari lokasi Karantina di Bandarlampung menuju Bandar Udara Radin Inten II Branti ke Bandara Soetta Banten.

Kemudian, lanjut dia, rombongan dibagi dua, ada yang menuju  Medan dan  ke Aceh.

Menurutnya, dalam rombongan itu juga ada Chief de Mission (CdM) I Danrem 043 Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah dan CdM II Wakapolda Lampung, Brigjen Pol Ahmad Ramadan, Kadispora Lampung Descatama Paksi Moeda, Sekum KONI Lampung Budi Darmawan, dan Waketum Fatikatul Khoiriah.

Pemberangkatan oleh Danrem 043 Gatam, dengan upacara pelepasan diikuti oleh atlet, pelatih dan manajer dari tujuh cabang olahraga yakni softball, korfball, lencak silat, kabaddi, renang OWS dan biliar.

Dari jumlah ini nantinya beberapa cabor akan langsung ke Aceh seperti softball di Aceh Barat dan korfball di Sabang. Beberapa cabor lain seperti pencak silat di Medan, renang open water swimming Danau Toba SU, billiar Pardede Hall Medan dan kabaddi di Lubuk Pakam.

Penjabat Gubernur Lampung Samsudin pada Sabtu (7/9) akan memimpin rombongan berikutnya berjumlah 130 orang akan menuju Aceh dan Sumut.

Gubernur Lampung akan menuju  Aceh untuk mengikuti upacara pembukaan PON XXI yang rencananya akan dibuka oleh Presiden Jokowi, pada 9 September 2024.

Beberapa cabang olahraga menuju ke Aceh yakni panahan, menembak, hapkido, judo, kurash, sepatu roda, aero modelling dan triathlon.  

Sementara yang ke Sumatera Utara adalah binaraga, dance sport, tenis meja, catur, balap sepeda, tinju, dan voli pasir.

Satu rombongan besar lainnya akan berangkat padab13 September 2024 sekitar 70 orang dari beberapa cabang olahraga potensial juga, seperti angkat berat, basket 3x3, gulat, sambo, tarung drajat, kick boxing dan karate.