Pemkab Lambar sebut Festival Sekala Bekhak jadi ajang promosi budaya lokal

id Lampung Barat,Festival budaya ,Sekala Bekhak

Pemkab Lambar sebut Festival Sekala Bekhak jadi ajang promosi budaya lokal

Asisten III bidang administrasi umum Pemkab Lampung Barat Ismet Inoni, saat membuka kegiatan festival budaya Sekala Bekhak. (ANTARA/HO-Kominfo Lampung Barat)

Tahun ini kita mengangkat tema Sekura The Mask Of Nation, Seni Tradisi Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Mendatang

Lampung Barat (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Lambar), menyebutkan Festival Sekala Bekhak ke-10 yang berlangsung di Lapangan Merdeka, Kecamatan Balik Bukit, diharapkan dapat menjadi ajang promosi budaya lokal ditingkat nasional.

"Festival Budaya Sekala Bekhak merupakan ajang tahunan Pemerintah Kabupaten Lampung Barat, sebagai salah satu wujud misi menjadikan Kota Liwa Lampung Barat sebagai kota budaya," kata Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Lampung Barat Ismet Inoni dalam keterangannya, Minggu.

Ia mengatakan rangkaian kegiatan Festival Sekala Bekhak menyajikan budaya asli daerah tersebut yang bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mempromosikan seni budaya tradisi serta adat istiadat yang asli di Bumi Sekala Bekhak.

"Tahun ini kita mengangkat tema Sekura The Mask Of Nation, Seni Tradisi Masa Lalu, Masa Kini dan Masa Mendatang," kata dia.

Menurutnya, kegiatan tersebut tidak hanya sebagai ajang promosi saja, tetapi juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Sehingga berdampak pada meningkatnya kunjungan wisatawan ke Lampung Barat dengan harapan berpengaruh besar terhadap peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia juga menyampaikan rasa syukur sekaligus bangga, sebab perhelatan Festival Budaya Sekala Bekhak yang ke 10 tersebut merupakan yang ke-empat kalinya masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN).

"Menjadi kebanggaan bagi kita semua Event Festival Budaya Sekala Bekhak yang ke-10 ini sudah yang keempat kalinya dari 2021 sampai dengan 2024 terpilih menjadi salah satu dari ratusan bahkan ribuan Event dalam 100 Event bermutu baik di Nusantara dalam program Karisma Event Nusantara yang ditetapkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," ujar dia.

Kegiatan festival tersebut berlangsung dari tanggal 21-23 Juli 2024, dengan menggelar perlombaan seni budaya asli Bumi Sekala Bekhak di antaranya, nyambai, orkes gambus, hadra, ngelemang, tari pesta sekura cakak buah dan lainnya.


Baca juga: Kawanan gajah liar di Lampung Barat dipasangi GPS

Baca juga: Lampung Barat sambut kepulangan 227 haji dari Tanah Suci

Baca juga: Polisi selidiki kecelakaan bus yang masuk jurang di Lampung Barat