Pemprov Lampung siapkan strategi optimalkan musim tanam

id Pertanian lampung, pengairan pertanian lampung, musim tanam dua lampung

Pemprov Lampung siapkan strategi optimalkan musim tanam

Arsip- Gubernur Lampung Arinal Djunaidi saat memberi keterangan. ANTARA/HO-Pemprov Lampung.

Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan beberapa strategi dan upaya utama untuk menjaga agar semua bisa berjalan dengan optimal
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan pemerintah daerah telah menyiapkan beberapa strategi utama agar musim tanam padi kedua di wilayahnya dapat berjalan dengan optimal.
 
"Menghadapi musim tanam kedua padi pada tahun ini, Pemerintah Provinsi Lampung telah menyiapkan beberapa strategi dan upaya utama untuk menjaga agar semua bisa berjalan dengan optimal," ujar Arinal Djunaidi berdasarkan keterangannya di Bandarlampung, Selasa.
 
Ia mengatakan strategi yang akan dilakukan pemerintah daerah pada musim tanam padi kedua kali ini adalah dengan melakukan optimalisasi lahan rawa di empat kabupaten di daerahnya yaitu Kabupaten Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Tengah, dan Lampung Timur.
 
"Tidak hanya itu akan dilakukan juga penguatan pompa irigasi dan memberikan bantuan pompa air kepada petani yang ada di Lampung untuk menjaga ketersediaan sumber daya air bagi lahan pertanian," katanya.

Kemudian memberikan bantuan benih padi varietas Gogo, dan penggunaan benih padi varietas Genjah dan Super Genjah yang memiliki keunggulan produktivitas tinggi guna memaksimalkan produksi.
 
"Lalu ada upaya untuk menambah kembali area tanam padi dengan peningkatan indeks pertanaman. Sekaligus pengembangan indeks pertanaman menjadi 400 atau empat kali tanam di lokasi yang memiliki sumber daya air melimpah," ucap dia.
 
Menurut dia, upaya selanjutnya yang akan dilakukan untuk menjaga musim tanam dua agar tetap optimal yaitu dengan penggunaan pola budidaya tumpang sari dengan tanaman lainnya.
 
"Adanya berbagai upaya tersebut diharapkan bisa menjaga sekaligus mengoptimalkan pelaksanaan musim tanam dua, agar dapat berjalan dengan lancar dan hasil produksi dapat maksimal memenuhi kebutuhan masyarakat, " tambahnya.

Baca juga: Gubernur Lampung ajak pengusaha daerah kembangkan industri cokelat lokal

Baca juga: Gubernur Lampung: Pasar UMKM harus dievaluasi guna maksimalkan penjualan

Baca juga: Gubernur Lampung apresiasi penurunan angka stunting di Kota Metro