Gubernur Lampung ajak pengusaha daerah kembangkan industri cokelat lokal

id Kakao lampung, industri cokelat lampung,Pengelolaan kakao lampung

Gubernur Lampung ajak pengusaha daerah kembangkan industri cokelat lokal

Ilustrasi- Industri pengolahan kakao berskala kecil di Kabupaten Pesawaran. ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi.

Lampung ini menjadi daerah penghasil komoditas kakao nomor dua secara nasional, akan tetapi pabriknya tidak ada untuk mendukung industri cokelat lokal
Bandarlampung (ANTARA) - Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengajak pengusaha di daerahnya untuk mengembangkan industri cokelat lokal dengan memanfaatkan melimpahnya komoditas kakao.
 
"Lampung ini menjadi daerah penghasil komoditas kakao nomor dua secara nasional, akan tetapi pabriknya tidak ada untuk mendukung industri cokelat lokal. Sedangkan di Belgia tidak ada perkebunan kakao tapi industri cokelatnya terkemuka," ujar Arinal Djunaidi di Bandarlampung, Senin.

Arinal mengajak pengusaha yang ada di daerahnya untuk ikut serta mengembangkan industri cokelat lokal dengan melihat besarnya potensi komoditas kakao Lampung.
 
"Saya yakin dengan kerja sama dengan semua pihak kita bisa bangun pabrik cokelat di sini. Karena harga cokelat yang sudah diolah per batang cukup mahal dari pada dijual dalam bentuk mentah kakao, dan ini menjadi peluang bagi perkembangan ekonomi daerah," ucap dia.

Ia melanjutkan, di daerahnya saat ini hanya ada industri pengolahan cokelat yang dikelola oleh BUMD Kabupaten Pesawaran yang berskala kecil. Namun masih mengalami kendala salah satunya kesulitan dalam pemasaran produk.
 
"Alangkah baiknya kalau saat panen kakao langsung bisa di produksi di sini, jadi ada unit untuk memproses di kebun tidak perlu mahal alatnya yang penting bisa dikelola. Dan nanti tinggal dicarikan pasarnya agar mudah mengatur pola distribusi," tambahnya.

Ia mengatakan potensi pengolahan tersebut bisa membantu petani mendapatkan harga jual kakao lebih baik, dari sebelumnya harga kakao mentah hanya Rp20 ribu per kilogram di tingkat petani, bisa mencapai Rp60 ribu per kilogram. Secara tidak langsung, adanya pabrik pengolahan cokelat lokal dapat membuka lapangan pekerjaan.

"Harapannya pengelolaan kakao Lampung ini bisa berjalan dengan baik, hingga menumbuhkan industri cokelat lokal di Lampung yang produknya bisa masuk ke pasar modern dan berbagai daerah," katanya.

Baca juga: Gubernur Lampung: Pasar UMKM harus dievaluasi guna maksimalkan penjualan

Baca juga: Gubernur Lampung apresiasi penurunan angka stunting di Kota Metro

Baca juga: Pemprov tunggu penetapan nama penjabat Gubernur Lampung