Sebanyak 385 pelajar ikuti praseleksi Paskibraka Kota Metro

id Paskibraka,paskibraka metro

Sebanyak 385 pelajar ikuti praseleksi Paskibraka Kota Metro

Kepala Kesbangpol Metro Rosita didampingi Ketua PPI, tim kesehatan dan Polres Metro diwawancarai awak media usai praseleksi Paskibraka Kota Metro. ANTARA/Hendra Kurniawan

Seleksi ini merupakan lanjutan dari praseleksi kunjungan sekolah.
Metro (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat mulai melaksanakan praseleksi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Metro tahun 2024, di Stadion Tejosari, Metro Timur, Metro, Lampung, Senin. 

Kepala Kesbangpol Kota Metro Rosita menjelaskan, praseleksi tingkat kota capaska ini merupakan tahapan lanjutan dari seleksi kunjungan sekolah yang dilakukan sejak bulan Januari lalu.

"Seleksi ini merupakan lanjutan dari praseleksi kunjungan sekolah. Dari praseleksi kunjungan sekolah itu, terjaring 385 siswa dan siswi terbaik yang lolos persyaratan baik dari tinggi badan, berat badan, postur, dan lainnya," kata dia, saat diwawancari usai seleksi tersebut.

Dia menyatakan, praseleksi tingkat kota ini akan dilaksanakan selama dua hari yakni dari hari ini tanggal 19 sampai 20 Februari 2024. Dalam praseleksi ini para siswa dan siswi tersebut akan dites kesehatan, parade baris-berbaris, dan juga kesamaptaan. 

Nantinya, dari 385 siswa dan siswi perwakilan SMA/SMK dan MA di Kota Metro ini akan dipilih 100 capaska yang akan lanjut ke seleksi tingkat kota. 

"Banyak tes yang akan dilakukan mulai dari kesehatan, postur dan juga kesamaptaan. Dari sini kita pilih 100 capaska untuk nanti lanjut ke seleksi tingkat kota," ujarnya pula.

Rosita menambahkan, dalam praseleksi ini, Kesbangbol melibatkan tim dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Metro, tim kesehatan dan juga tim dari pihak kepolisian.

"Kalau tim PPI kan memang dari awal ya. Nah untuk praseleksi tingkat kota ini kita libatkan tim kesehatan ada dokter juga. Kalau untuk kesamaptaan kami libatkan tim dari Polri," katanya lagi. 
Baca juga: Seleksi Paskibraka Kota Metro mulai dilaksanakan
Baca juga: 32 anggota Paskibraka Metro dikukuhkan