Wali kota kukuhkan 31 anggota Paskibraka Metro

id Paskibraka,Hut79RI

Wali kota kukuhkan 31 anggota Paskibraka Metro

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin dan Wakil Wali Kota Qomaru Zaman serta jajaran Fokorpimda foto bersama dengan anggota Paskibraka dan tim pelatih. (ANTARA/Istimewa)

Metro (ANTARA) - Sebanyak 31 anggota pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di Kota Metro dikukuhkan oleh Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin di Gedung Sesat Agung Bumi Sai Wawai, Kamis malam. 

Wali Kota Metro, Wahdi mengatakan, Paskibraka yang sudah dikukuhkan, harus mempersiapkan diri dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab dalam tugas pengibaran Bendera merah putih saat upacara HUT ke-79 Republik Indonesia. 

"Pesan saya jaga kesehatan, kemudian sikap dan mental sebagai anak bangsa dan tentu saya berharap anggota Paskibraka ini bisa menjalankan tugasnya dengan baik," katanya.

Dia menjelaskan, anggota Paskibraka ini merupakan putra putri terbaik yang terpilih dan sudah melewati proses seleksi dengan ketat untuk menjadi anggota pasukan pengibar bendera. 

"Anggota Paskibraka sudah melewati proses seleksi dan latihan yang ketat. Mereka sudah belajar kedisiplinan, kepemimpinan dan tanggung jawab. Mudah-mudahan mereka bisa menjadi contoh dan teladan bagi pelajar dan generasi muda lainnya," terangnya. 

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Metro, Edwin Syam menuturkan, anggota paskibraka ini merupakan anak-anak pilihan yang didatangkan dari 34 sekolah jenjang SMA dan SMK di Bumi Sai. 

"Kami telah melakukan seleksi terhadap 34 sekolah yang ada di Metro. Kami telah mendapatkan 31 anggota Paskibraka yang nantinya siap mengibarkan pada 17 Agustus esok di Metro, dan mengirimkan 4 anggota di Provinsi. Serta, ada satu anggota Paskibraka cadangan yang mengibarkan di Istana esok," terangnya. 

Dikatakannya, dalam membina para anggota Paskibraka tentu memiliki banyak makna dimana, baik pelatih maupun tim medis sama-sama bekerjasama untuk bisa membentuk pasukan yang tangguh. 

"Kami sudah mendampingi sejak Januari lalu. Banyak kesan dan pesan yang kami berikan kepada anak-anak kita. Kami juga menanamkan kepada para pasukan untuk bisa mengikuti jejak purna Paskibraka yang saat ini lebih dari 800 orang," tambahnya. 

Ucapan terimakasih dan apresiasi juga diungkapkan oleh orang tua Paskibraka, Erlian Eka Damayanti. Dia sangat berterima kasih atas telah didampinginya dan pendidikan kepada para anak-anak yang terpilih menjadi anggota Paskibraka tahun 2024. 

"Saya ibu dari Muhammad Rafi Akmal tentunya sangat berterima kasih atas kesempatan dan terpilihnya anak-anak kami sebagai anggota Paskibraka tahun ini," kata dia. 

Dia juga mengapresiasi atas segala kesabarannya yang telah membimbing dan memberikan motivasi selama menjalani pendidikan. 

"Terimakasih atas segala kesabaran nya dan juga semua pembinaan yang diberikan oleh putra putri kami, dan terimakasih atas bimbingannya semua. Terimakasih juga kepada bapak ibu kepala sekolah telah membimbing anak kami selama ini," ungkapnya.