Mengenal inovasi kapal karya Tim Saibatin itera yang raih dua juara nasional

id lampung, itera, kampus

Mengenal inovasi kapal karya Tim Saibatin itera yang raih dua juara nasional

Mengenal inovasi kapal karya tim saibatin itera yang raih dua juara nasional (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Tim Saibatin Institut Teknologi Sumatera (Itera) meraih 2 juara pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) 2023 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Ditjen Dikristek, Kemdikbudristek.

KKCTBN dengan tema Penguatan Kemandirian Teknologi dan Inovasi Kapal Nasional tersebut diselenggarakan di Universitas Indonesia pada 22-25 Oktober 2023.

Tim Saibatin Itera yang diketuai oleh Rizky Dwi Saputra dengan anggota Sulton Arif Fido, Stevany Angelina Tambun, Azima Patra Kurnia, Umar Husein Ayatullah dan 19 tim pendukung lainnya berhasil meraih juara 1 kategori Lomba Pembuatan dan Performa Prototype Kapal Leissure Boat Electric Remote Control (LBERC) dan juara 2 kategori Lomba Fun Race-Leissure Boat Electric Remote Control.

Ketua tim Saibatin Itera, Rizky Dwi Saputra menerangkan pada KKCTBN ini tim Saibatin mengusung konsep inovasi yang berbeda dari sebelumnya. Inovasinya terletak pada coating pelapis lambung kapal yang dilapisi dengan serat nanas sebagai inhibitor, ubin kapal terbuat dari serat kayu lalu meja dan kursi didalam kapal terbuat dari daur ulang plastik.

Inovasinya terletak pada coating pelapis lambung kapal yang dilapisi dengan serat nanas sebagai inhibitor, ubin kapal terbuat dari serat kayu lalu meja dan kursi didalam kapal terbuat dari daur ulang plastik.

Rizky juga menambahkan Saibatin Itera merupakan komunitas yang bergerak di bidang penelitian dan pengembangan dibidang maritim berdiri baru satu tahun. Untuk KKCTBN, tim Saibatin Itera telah melakukan riset untuk persiapan kompetisi selama 6 bulan dari bulan maret hingga oktober 2023.

“Karena tim Saibatin ini baru 1 tahun jadi tidak berekspektasi bakal menang namun karena semangat tim dan persiapan udah maksimal sehingga Ketika menang perjuangan tim, riset selama 6 bulan untuk kompetisi ini jadi terbayarkan” Ujar Rizky

Rizky berharap dari kompetisi ini tim Saibatin Itera dapat terus berkembang menjadi lebih baik lagi, dan dari kompetisi ini menjadi motivasi bagi tim Saibatin untuk lebih semangat lagi kedepannya dalam berinovasi dan lebih meningkatkan performa kapal yang mereka buat.