Itera tampilkan berbagai inovasi dalam ASEAN Higher Education Conference Expo

id Lampung,Itera

Itera tampilkan berbagai inovasi dalam ASEAN Higher Education Conference Expo

Institut Teknologi Sumatera (Itera) menampilkan berbagai inovasi dalan keikutserataannya pada  konferensi internasional ASEAN Higher Education Conference (AHEC) 2023. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) menampilkan berbagai inovasi dalan keikutsertaannya pada 
konferensi internasional ASEAN Higher Education Conference (AHEC) 2023 yang berlangsung dari 24 hingga 26 Agustus di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung.

"Dalam kesempatan tersebut stan Itera menampilkan beberapa inovasi mulai dari produk pupuk organik yang dihasilkan dari Integrated Waste And Agro Center (IWACI) Itera dan mie mocaf," kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Itera Prof. Dr. Eng. Khairurrijal, M.Si, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Jumat.

Selain itu, lanjut dia, Itera juga menampilkan berbagai teknologi yang dimiliki seperti pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), teleskop pengamatan bulan internasional OZT, serta beberapa prototipe teknologi yang telah dibuat. 

"Melalui tampilan video juga dikenalkan secara visual kampus Itera, Kebun Raya Itera sebagai Kawasan konservasi tumbuhan pamah Sumatera, hingga fasilitas lain yang dimiliki kampus dengan motto Smart, Friendly, and Forest Campus," mata dia.

AHEC merupakan ajang kolaborasi perguruan tinggi se-ASEAN sebagai katalis dalam kemajuan regional. Dalam momen penting tersebut, selain diisi berbagai konferensi dengan narasumber pakar pendidikan dari dalam dan luar negeri, berbagai kampus turut berpartisipasi menampilkan inovasi dan karya yang dihasilkan dalam sebuah pameran pendidikan, yang digelar di Graha Sanusi Hardjadinata, Unpad.

"Selain itu aneka karya dari program studi yang ada di di kampus ini, seperti farmasi, Rekayasa Kosmetik, Teknologi Pangan, dan prodi lain ditampilkan dalam AHEC Expo," kata dia.

Pelaksana Tugas Dirjen Diktiristek Prof. Ir. Nizam, M.Sc., Ph.D., IPM., ASEAN Eng.,mengapresiasi berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan Itera selama ini.

"Saya berharap Itera dapat terus menghasilkan karya dan teknologi, khususnya dalam bidang energi terbarukan, yang ramah lingkungan, dan terus memberdayakan potensi yang ada di Sumatera," kata dia.