Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung, taja lomba baca puisi Bahasa Lampung

id lampung, dewan kesenian, sastra

Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung, taja lomba baca puisi Bahasa Lampung

Komite sastra dewan kesenian lampung, taja lomba baca puisi bahasa lampung (ANTARA/HO)

Diskusi buku ini yang melibatkan para penulis buku dan pembaca merupakan salah satu  bentuk apresiasi bagi mereka, kata Udo

Bandarlampung (ANTARA) - Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung (DKL) menggelar Lomba Baca Puisi Bahasa Lampung. Gelaran lomba yang menyediakan hadiah total  jutaan rupiah, piagam dan trophy ini bakal ditaja di Gedung Keseninan DKL, Kompleks PKOR Way Halim, Bandarlampung, Kamis 1 Desember 2022.

Ketua Pantia Lomba  Udo Z. Karzi  di Bandarlampung, Kamis (17/11) mengatakan lomba ini digelar untuk merayakan terbitnya buku bertajuk : Sampian : "Sampian : Antologi  Puisi Dwibahasa Lampung-Indonesia" yang diterbitkan Pustaka LaBRAK dan DKL, 2022,

Disamping itu juga dalam upaya mendorong geliat dan gerak sastra kepada semua kalangan melalui buku terbitan DK juga menyebarkan semangat kepenulisan lewat sekolah-sekolah untuk guru dan siswa dan juga masyarakat pada umumnya.

Udo Z Karzi memaparkan buku antologi yang dijadikan materi lomba ini merupakan kumpulan hasil karya sejumlah penulis yang mengikuti sayembara menulis puisi Lampung dan esai sastra pada tahun 2021.

Sedangkan dewan juri dalam lomba baca puisi bahasa Lampung ini akan menghadirkan Iqbal Hilal (Ketua Prodi S1 Pendidikan Bahasa Lampung)  Desi Susanti ( aktris Teater Satu) dan  Asril Barning (pembaca puisi).

Buku Sampian : Antologi Dwibahasa Lampung-Indonesia dan Jalan Sastra Lampung: Kumpulan Esai ini diharapkan menjadi inspirasi bagi banyak orang dengan menyebarkannya baik di Lampung maupun di daerah lain,“ terang Udo nomine Lomba Karya Sastra 2022.

“Lomba baca puisi ini merupakan cara yang diambil Komite Sastra Dewan Kesenian Lampung untuk  merayakan diterbitkannya kedua buku tersebut yang merupakan program kerja tahun 2022,” terang  Udo Z Karzi yang tahun ini masuk salah satu nomine penghargaan sastra tahun 2022 yang digelar Pusat Bahasa.

Rangkaian kegiatan berkaitan dengan lomba ini berupa acara peluncuran dan diskusi buku Sampian dan Jalan Sastra Lampung. Peluncuran dan diskusi buku yang menghadirkan pembicara Ketua Prodi Magister Bahasa dan Kebudayaan Lampung Universitas Lampung Dr. Farida Ariyani, M.Pd., budayawan Iwan Nurdaya-Djafar, dan editor buku Udo Z Karzi, dengan moderator Yuli Nugrahani ini akan digelar di Gedung Kesenian DKL, Jumat (2/12/2022) .

“Diskusi buku ini yang melibatkan para penulis buku dan pembaca merupakan salah satu  bentuk apresiasi bagi mereka. Kegiatan diskusi ini gratis dan bisa diikuti siapa pun,” imbuh Udo.

Lomba baca puisi ini pesertanya terbuka untuk  pelajar, mahasiswa dan umum. Sedangkan materi puisi yang dibacakan dalam lomba-lomba diambil dari salah satu puisi berbahasa Lampung dalam antologi Sampian. 

Peserta bisa mendaftarkan diri sebagai peserta ke panitia dengan menunjukkan identitas. Dengan membayar kontribusi Rp50.000 setiap peserta berhak mendapatkan satu eks buku Sampian dan kudapan.

Untuk pendaftaran bisa mengontak narahubung : Udo Z Karzi (0815 4009 0094), Yuli Nugrahani (0812 7925 222) dan Asril Barning (0813 7365 6862). Atau bisa langsung ke Sekretarian Panitia di Gedung Kesenian DKL, Jalan Sumpah Pemuda, Komplek PKOR Way Halim, Bandarlampung.