Petani dilatih olah kulit kopi jadi pupuk organik

id Kabupaten Malang,Universitas Brawijaya,Universitas Brawijaya Kediri,Pelatihan Petani,Pengolahan Kulit Kopi,ANTARA Lampung, Lampung Update

Petani dilatih olah kulit kopi jadi pupuk organik

Para dosen pertanian UB Kampus Kediri pada saat mempraktikkan cara mengolah kulit kopi menjadi pupuk organik dan pestisida nabati, di Dusun Glagah Ombo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Sabtu (24/9/2022). (ANTARA/HO-Humas UB Kampus Kediri)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Universitas Brawijaya (UB) kampus Kediri, Jawa Timur memberikan pelatihan pengolahan kulit kopi menjadi pupuk organik dan pestisida nabati yang bermanfaat untuk sektor pertanian.

Ahli bidang penyuluhan dan pemberdayaan masyarakat UB Kampus Kediri Wuwun Ristiva dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Malang, Jawa Timur, Sabtu mengatakan bahwa pelatihan itu bertujuan untuk meningkatkan edukasi para petani.

"Dengan sedikit perlakuan yang juga menggunakan bahan alam yaitu tetes tebu atau gula batok, kulit biji kopi bisa menjadi pupuk organik dan pestisida nabati," kata Wuwun.

Dengan pemanfaatan limbah kulit kopi itu, membuat pola budi daya produk tersebut lebih ramah lingkungan. Selain itu juga pemanfaatan kulit kopi juga bisa meningkatkan nilai tambah bagi petani karena tidak hanya memproduksi kopi saja, namun juga memanfaatkan limbahnya.