Dompet Dhuafa Waspada berikan bantuan untuk fatih, bayi prematur yang berjuang hidup

id Dompet Dhuafa, DD Waspada berikan bantuan untuk fatih, bayi prematur yang berjuang hidup

Dompet Dhuafa Waspada berikan bantuan untuk fatih, bayi prematur yang berjuang hidup

DD Waspada berikan bantuan untuk fatih, bayi prematur yang berjuang hidup. Foto Antara/HO-Dompet Dhuafa

Medan (ANTARA) - Setelah mendapat kabar tentang kelahiran bayi prematur di RSU Sufina Aziz Medan, Dompet Dhuafa Waspada menyalurkan bantuan berupa uang pengobatan, Rabu (5/1). 

Sebelumnya, ditemui pada bulan November lalu, saat usia bayi yang bernama Al Fatih ini berusia satu minggu, kondisinya sangat memprihatinkan dengan berat badan hanya mencapai satu kilogram. 

Tidak hanya berat badan yang minim, Fatih juga sempat mengalami kesulitan pernapasan di saat usianya menginjak empat hari. Dari keterangan Siti Aisyah, ibu dari Fatih, ia mengatakan bahwa Fatih butuh perawatan khusus untuk bertahan hidup. 

“Dia harus dirawat khusus di rumah sakit, makanannya juga harus makanan khusus, itu yang membuat kami bingung kemana harus mencari biayanya,” ucap Siti.

Sementara Siti yang hanya berjualan kue kecil-kecilan, mengaku tidak sanggup jika harus membiayai sendiri perawatan putranya yang mencapai puluhan juta itu.

 “Totalnya ada 25 juta, karena Fatih sudah dirawat satu bulan lebih di rumah sakit, perawatannya kan juga khusus”, ucap Siti.

Hingga 5 Januari, saat Dompet Dhuafa Waspada kembali menjumpai Fatih di RSU Sufina Aziz, kini kondisinya sudah semakin membaik. 

“Alhamdulillah sekarang berat Fatih sudah 1,9 kg, bisa dibilang capai 2 kg, sudah membaiklah dia,” ucap Siti. 

Dengan perjuangan yang tidak mudah, Siti mengaku begitu senang saat bayinya semakin hari semakin membaik. 

“Senang alhamdulillah semuanya semakin membaik, kita juga dalam waktu dekat sudah dibolehkan pulang oleh pihak rumah sakit," katanya lagi.

Meski kondisinya sudah membaik, Siti mengatakan bahwa tunggakan biaya perobatan putranya belum berakhir. 

“Kita masih terutang sama pihak rumah sakit, total biayanya ada 25 juta, ini masih mencari-cari kemana menutupi biayanya," ujarnya.

Tentang biaya perawatan tersebut, Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Waspada, Sulaiman, mengatakan bahwa Dompet Dhuafa Waspada sudah menyalurkan bantuan sebanyak delapan juta rupiah. 

"Bantuan yang sudah kita salurkan sebesar delapan juta, itu bantuan dari hasil campanye yang kita galang, total biaya pengobatannya 25 juta, berarti 17 juta lagi kita cari dananya," ucap Sulaiman.

Lebih lanjut, Sulaiman menyampaikan bahwa Dompet Dhuafa Waspada masih bersedia untuk membantu mencari kekurangan dananya.

“Karena memang masih kurang dananya, kami siap untuk bantu, yang penting bagaimana agar adik Fatih ini bisa sehat," katanya.


Dompet Dhuafa Waspada mengajak para donatur untuk bisa ikut gotong royong membantu tunggakan biaya pengobatan Fatih. 

“Harus optimis ya, saya yakin Allah kirimkan orang-orang baik untuk membantu adik Fatih ini, ayok para donatur sama-sama kita bantu ringankan beban adik Fatih,” ujar Sulaiman.

Bagi masyarakat luas yang ingin memberikan kepada adik Fatih dapat mengirimkannya melalui rekening Mandiri 106.0010949819 atau BSI 300.300.3155 An Yayasan Dompet Dhuafa Republika. Konfirmasi donasi dapat menghubungi/whatsapp melalui nomor 081262006967.

Tentang Dompet Dhuafa

Dompet Dhuafa adalah lembaga Filantropi Islam yang berkhidmat dalam pemberdayaan kaum Dhuafa dengan pendekatan budaya melalui kegiatan filantropis (welasasih) dan wirausaha sosial. Selama 28 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan umat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.